Peringati Bandung Lautan Api, pemkot akan gelar tiga rangkaian acara

user
Mohammad Taufik 10 Maret 2016, 13:55 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dalam rangka peringatan peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) pada 24 Maret mendatang, Pemerintah Kota Bandung telah menyiapkan sejumlah rangkaian acara. Setidaknya ada tiga rangkaian acara yang akan digelar selama dua hari berturut-turut yakni dari 23 Maret hingga acara puncak pada 24 Maret.

Kabag Kesra Pemkot Kota Bandung Tatang Muchtar, menuturkan tiga acara yang akan digelar, yakni ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) di Cikutra pada 23 Maret, dilanjutkan pada malam harinya dengan acara pawai obor diikuti ribuan siswa SMP/SMA se-Kota Bandung. Ketiga, acara puncak upacara peringatan BLA di Lapangan Tegalega pada 24 Maret.

"Untuk acara peringatan BLA tahun ini kita akan mengangkat tema 'Melalui Peringatan Peristiwa Bandung Lautan Api ke 70, Kita Kobarkan Semangat Juang untuk Membangun Bandung Smart City Menuju Kota Juara yang Unggul, Nyaman, dan Sejahtera'. Dari sekarang kita sudah melakukan persiapan dan saat ini persiapannya sudah 80 persen," ujar Tatang kepada wartawan dalam acara Bandung Menjawab yang digelar di Ruang Media, Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (10/3).

Tatang mengatakan, untuk ziarah ke TMP Cikutra rencananya dipimpin langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Dalam kegiatan tersebut juga diikuti oleh sejumlah organisasi seperti Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan organisasi masyarakat. Kemudian juga unsur TNI, Kepolisian dan pelajar SMP/SMA. "Dalam acara ziarah ini nanti akan melakukan tabur bunga," katanya menegaskan.

Menurut Tatang, setelah itu dilanjutkan pada malam harinya dengan acara pawai obor oleh ribuan pelajar SMP/SMA se-Kota Bandung dan penyulutan obor BLA di Balai Kota. Untuk acara pawai obor peserta akan melakukan longmarch dengan mengambil start dari Lapangan Tegalega dan berakhir di Balai Kota Bandung.

"Untuk pawai obor kita persiapan dari jam lima sore. Rencananya pawai akan dimulai pukul tujuh malam dan rombongan diperkiran tiba pukul delapan malam di Balai Kota. Setelah peserta sampai di Balai Kota, akan dilanjutkan dengam penyulutan obor," katanya.

Lebih lanjut Tatang mengatakan, acara dilanjutkan keesokan harinya yakni acara puncak peringatan peristiwa BLA dengan upacara peringatan ke 70 BLA yang akan digelar di Lapangan Tegalega. "Puncak acara yakni upacara yang akan dilaksanakan di Lapangan Tegalega pukul delapan pagi. Inspektur upacara dipimpin langsung oleh Wali Kota Bandung," ujarnya.

Kredit

Bagikan