Dishub anggarkan Rp 15 M buat perbaikan Traffic Light di Kota Bandung

user
Mohammad Taufik 03 Maret 2016, 15:33 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Banyaknya laporan dari warga terkait lampu Traffic Light (TL) di Kota Bandung yang mati dalam beberapa waktu terakhir langsung ditanggapi oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung. Pada tahun ini, Dishub menganggarkan Rp 15 miliar untuk memperbaiki lampu TL yang tidak berfungsi.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Parkir Dishub Kota Bandung, Agung Purnomo mengatakan setidaknya ada lima titik ruas jalan yang akan dilakukan perbaikan. Adapun kelima titik tersebut yakni perempatan Jalan Pajajaran - Pasir kaliki, perempatan Jalan Malabar - Gatot Subroto, perempatan Ir H Djuanda - Siliwangi, perempatan Jalan LLRR Martadinata-Lingkar selatan, dan perempatan Jalan BKR - Moh. Toha

"Kita ada sekitar 15 Miliar untuk perbaikan traffic light yang di Kota Bandung. Kita akan lakukan perbaikan total yang lima titik tersebut," ujar Agung saat dihubungi, Kamis (3/3).

Agung menuturkan, bentuk perbaikan yang akan dilakukan yakni dengan seluruh bagian lampu TL. Mulai dari tiang, lampu, serta kabelnya.

"Kita ganti modul lampu dan kabel termasuk menyiapkan sparepart. Lima titik ini rawan rusak. Padahal merupakan jalan pusat kota yang ramai dilalui kendaraan," ucap Agung.

Agung mengungkapkan, lampu TL yang dipasang, akan dibuat lebih modern. Sebab lampu TL yang ada saat ini telah berusia udzur. "Lampu yang dipasang menggunakan lampu LED dan dilengkapi dengan CCTV agar dapat memantau kondisi lalu lintas di lokasi," katanya

Menurut Agung, di Kota Bandung sendiri saat ini ada 135 persimpangan jalan. Namun karena ada beberapa persimpangan yang dilakukan rekayasa, jumlahnya saat ini berkurang 97 persimpangan. Pihaknya secara bertahap akan mengganti lampu TL yang telah berusia uzur dengan teknologi modern.

Kredit

Bagikan