Mau jadi Wali Kota Bandung sehari? Begini caranya

user
Farah Fuadona 24 Februari 2016, 12:43 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meluncurkan sayembara unik bagi warganya. Ridwan menantang warga Bandung untuk memberikan ide-ide bagi kemajuan pembangunan di Kota Bandung. Ide terbaik akan diberi kesempatan untuk merasakan menjadi Wali Kota Bandung selama satu hari.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan sejak akhir 2015 lalu. Pihaknya sengaja membuat sebuah laman khusus bernama iuran.id yang merupakan singkatan dari Inovasi Urang Bandung. Tujuan dibuatnya laman khusus ini yakni untuk mewadahi ide-ide dari warga terkait pembangunan di Kota Bandung

"Sekarang sudah ada 300-an ide dari warga. Jadi caranya itu masuk ke iuran.id cukup kaya daftar di Facebook. Jadi member terus rutin ngasih ide, posting, nulis di situ," ujar Emil kepada Merdeka Bandung di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana.

Web portal iuran.id
© 2016 merdeka.com/http://iuran.id/


Emil mengatakan, ide yang terpilih, salah satu hadiahnya yakni akan menjadi wali kota Bandung selama satu hari. Peserta dengan ide terbaik berkesempatan mengikuti seluruh kegiatan Emil selama satu hari.

"Disebut sehari jadi wali kota teh nemenin Saya kaya ajudan, tapi gak saya suruh-suruh. Dia ikut rapim, blusukan. Sehingga dia bisa merasakan dinamika jadi wali kota dari pagi sampai malem seperti apa," ujarnya.

Lantas ide seperti apa yang akan dipilih menjadi ide terbaik? Menurut Emil ide harus memenuhi kriteria bisa diimplementasikan dan keren. Tujuan untuk membuat sayembara tersebut agar masyarakat dapat merasakan langsung bagaimana kegiatan wali kota.

"Untuk warga atau media tahu bahwa jadi wali kota tidak sesederhana keputusannya. Orang kan taunya saya ngambil keputusan, padahal proses saya mengambil keputusannya kan berdinamika," kata dia.

Pengumuman pemenang ide terbaik akan segera diumumkan dalam waktu dekat. "Karena ada 300 ide lagi dikumpulin. Akan diumunkan dalam waktu dekat," ujar wali kota nyentrik ini.

Bagaimana, Anda tertarik mencoba?

Kredit

Bagikan