Cerita rakyat dalam pameran foto 'Alkisah' hadir di Bandung

user
Mohammad Taufik 22 Februari 2016, 19:35 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pameran foto 'Alkisah' karya Rio Motret hadir di Bandung. Ini merupakan suguhan pameran foto berlatar cerita rakyat yang dikemas dengan begitu modern.

'Alkisah' merupakan hasil kerja sama antara Bakti Budaya Djarum Foundation dengan fotografer ternama yakni Rio Motret yang mengangkat 17 cerita rakyat Indonesia melalui seni fotografi.

Setelah sukses diselenggarakan di Jakarta dan Surabaya, 'Alkisah' kini hadir di Kota Kembang. Tempatnya di atrium Trans Studio Bandung. Pameran ini berlangsung pada 22 hingga 28 Februari 2016 mendatang.

"Ide pertama hadirnya 'Alkisah' ini berawal dari membuat suatu karya pameran untuk selebrasi 10 tahun berkaryanya aku. Alkisah berlangsung sejak tiga tahun lalu di dua kota besar. Sekarang hadir di Bandung," ujar Rio saat jumpa wartawan, Senin (22/2).

Pameran Alkisah merupakan salah satu pencapaian karier dari Rio Motret. Proyek besar ini melibatkan seratus pekerja seni mulai dari kalangan selebritis, desainer, dan stylist.

Proyek ini muncul ketika Rio sadar bahwa kecenderungan anak muda sekarang sudah kehilangan minat terhadap cerita rakyat Indonesia. Padahal, di Indonesia lahir berbagai cerita rakyat dari berbagai daerah-daerah yang ada.

Rio bertekad untuk membuat sebuah pameran foto Alkisah demi menyadarkan masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal kebudayaan kita sendiri.

"Pameran Alkisah ini hadir dengan harapan masyarakat dapat terpicu untuk mengenal budaya Indonesia dan melestarikannya. Meskipun di era sekarang sudah pemuh dengan modernisasi dan hal-hal kekinian,bukan berarti warisan bangsa kita jadi terlupakan," ujarnya.

Beberapa cerita rakyat yang diangkat adalah Sabai Nan Aluih dari Sumatra Barat, Si Pitung dari Jakarta, Lutung Kasarung dari jawa Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat, Jaka Tarub & 7 Bidadari dari Jawa Tengah dan Roro Jonggrang dari Yogyakarta.

Sementara itu, GM Marketing Communication Kawasan terpadu Trans Studio Bandung, Bagus Prastowo mengatakan, suatu kebanggaan pihaknya bisa bekerjasama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation dan Rio Motret.

"Kami berharap kesuksesan pameran foto Alkisah di Trans Studio ini dapat menginspirasi masyarakat khususnya Kota Bandung untuk lebih mengenal cerita rakyat Indonesia yang beraneka ragam," ujar Bagus.

Kredit

Bagikan