Bike sharing dengan konsep smart card segera hadir di Bandung

user
Mohammad Taufik 17 Februari 2016, 09:53 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemkot Bandung, Jawa Barat, segera meluncurkan bike sharing dengan konsep elektronik (smart card) pada tahun ini. Sebanyak seribu unit sepeda untuk program bike sharing siap dihadirkan di jalur-jalur turis Kota Bandung.

"Saya sudah minta kepada Kadishub, tolong disiapkan lelangnya tahun ini 1000 sepeda untuk Bike Sharing. Nanti akan ditempatkan di kawasan turis," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kepada Merdeka Bandung saat ditemui di rumah dinas Wali Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Selasa (16/2).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, konsep bike sharing ini akan menggantikan konsep lama. Dengan konsep baru ini, penyewaan sepeda tidak lagi menggunakan cara manual, tetapi menggunakan kartu elektronik. "Ya nanti sewanya pakai kartu," kata Emil.

Dia melanjutkan, untuk pihak pengelola nantinya akan ada pengelola khusus untuk bike sharing. Pengelolaan bike sharing yang sebelumnya oleh komunitas nantinya akan dilelangkan untuk dikelola secara profesional.

"Karena dulu kan bike sharing itu diserahkan ke komunitas. Komunitas itu bukan perusahaan akibatnya mengelola sesukarelanya. Nah makanya sekarang kita lelangkan profesional," ujarnya.

Kredit

Bagikan