Pilih jadi Gubernur Jabar atau DKI? Ini jawaban Ridwan Kamil

user
Mohammad Taufik 16 Februari 2016, 14:45 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil digadang-gadang oleh sejumlah partai politik untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada 2017 mendatang. Namun di sisi lain, pria yang akrab disapa Emil ini juga dilirik untuk dicalonkan dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat pada 2018 mendatang.

Emil lantas membandingkan Provinsi Jabar dan DKI Jakarta. Namun dia menilai permasalahan di Jawa Barat tidak bisa disamakan dengan dengan DKI Jakarta.

"Jabar dan Jakarta itu tidak apple to apple. Karena Jabar ini provinsi pada umumya, kalo Jakarta itu daerah khusus," ujar Emil kepada Merdeka Bandung, Selasa (16/2).

Dia mengungkapkan, meski Jakarta berlabel provinsi, namun permasalahnya cenderung sama kota-kota besar di Indonesia seperti Kota Bandung dan Surabaya. Sehingga Jakarta tidak bisa disamakan dengan Jabar.

"Maka problem Jakarta cenderung apple to applenya dengan Bandung dan Surabaya, karena sama-sama berbentuk kota, istilahnya urbanize. Hanya skalanya lebih besar dan dijuluki provinsi. Kalau Jawa Barat bandingannya Jawa Tengah yang sama punya desa, gunung, pantai, kota, atau bandingannya dengan Jawa Timur," ucapnya.

Maka dari itu lanjut dia, program-program dan kebijakan di DKI Jakarta selalu dibanding-bandingkan dengan Kota Bandung.

"Masalahnya sama seperti macet, kekumuhan, PKL, banjir. Agak susah memoperbandingkan Provinsi Jakarta dengan yang lain, karena pada dasarnya Jakarta kota besar berlevel provinsi," ungkapnya.

Namun dia enggan berkomentar jika disebut dirinya lebih memilih untuk mengikuti ajang Pilgub DKI Jakarta dibandingkan Pilgub Jawa Barat.

Kredit

Bagikan