Musim hujan masyarakat lereng gunung diminta waspada longsor

user
Farah Fuadona 11 Februari 2016, 18:05 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sebagian daerah di Bandung, Jawa Barat, merupakan pegunungan dan lembah yang rawan longsor. Dalam peta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, posisi Bandung berada di tengah yang merupakan pegunungan.
 
Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jabar, Budiman, mengatakan bencana yang mengintai saat musim hujan di daerah pegunungan adalah longsor.
 
“Untuk longsor yang harus waspada masyarakat yang ada di daerah pegunungan. Kalau kita lihat peta di Jabar, selatan itu pegunungan semua dan daerah tengah,” jelas Budiman, kepada Merdeka Bandung, Kamis (11/2).
 
Menurutnya, bencana longsor termasuk bencana yang diwaspadai di Jawa Barat pada musim hujan kali ini selain banjir dan puting beliung. Longsor berpotensi terjadi karena sebelumnya Jawa Barat dilanda kemarau panjang.
 
“Longsor juga otomatis, kemarin kita kering kemaraunya lama. Itu otomatis tanah atau tebing-tebing, ketika terjadi hujan itu akan longsor,” katanya.
 
Untuk mengantisipasi longsor, kata dia, masyarakat harus waspada dan aktif memeriksa kondisi tanah yang retak-retak. Ia menyarankan, jika ada tanah atau tebing yang retak, agar segera ditutup pakai tanah sehingga air tidak masuk.
 
Menurutnya, air yang meresap ke retakan tanah berpotensi mempercepat terjadinya longsoran. “Kemudian tetap hati-hati, kalau sudah ditutup (retakannya) kemungkinan longsor masih tetap terjadi. Jadi masyarakat harus siap siaga. Semuanya harus waspada,” kata dia.

Kredit

Bagikan