Bulan ini curah hujan di Bandung bakal semakin lebat

user
Mohammad Taufik 10 Februari 2016, 13:44 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung memprediksi curah hujan di wilayah Bandung mengalami peningkatan memasuki bulan Februari ini. Hujan dengan intensitas sedang akan mengguyur wilayah Bandung dalam beberapa pekan ke depan.

Prakirawan BMKG Kota Bandung Muhammad Iid mengatakan peningkatan curah hujan mulai terjadi pada Februari. Kondisi ini diperkirakan akan terjadi hingga Maret mendatang.

"Curah hujan umumnya tinggi di bulan Desember, kemudian Januari menurun. Nah di bulan Februari ini meningkat," ujar Iid saat dihubungi, Rabu (10/02).

Dia mengatakan, curah hujan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir tergolong ke dalam intensitas sedang. Adapun curah hujan yang terjadi pada Februari ini berada antara 201-300 mm.

Menurut Iid, peningkatan curah hujan yang terjadi pada Februari ini disebabkan faktor pendorong hujan yang cukup tinggi. Selain itu juga karena bergesernya awal musim penghujan sebelumnya akibat El Nino.

Iid memprediksi puncak musim hujan akan terjadi hingga Maret mendatang. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang sewaktu-waktu dapat terjadi hingga puncak musim hujan mendatang, terutama di titik-titik rawan bencana alam seperti wilayah perbukitan.

"Perkiraan Februari hingga Maret bisa puncaknya. Imbauan dengan kondisi peningkatan curah hujan, kita harus waspada kondisi lingkungan. Di perbukitan waspada gerakan tanah atau longsor, dan pohon tumbang," ujarnya.

Kredit

Bagikan