Patung tabib sakti zaman China kuno ini cuma ada satu di Bandung

user
Mohammad Taufik 08 Februari 2016, 18:44 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Vihara Dharma Ramsi, Jalan Cibadak, Kota Bandung, Jawa Barat, memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya memiliki patung tabib Can Xui Zu, tabib zaman China kuno. Di Bandung, hanya ada satu patung tabib tersebut.

"Di Bandung patung tabib ini hanya ada di Vihara Dharma Ramsi, di tempat lain tidak ada," kata relawan Vihara Dharma Ramsi, Aswadana (59), Senin (08/02).

Menurut riwayat, kata dia, sang tabib berasal dari masa China kuno. Ia berhasil menyembuhkan penyakit seorang raja. Setelah itu, ia mengabdikan hidupnya pada masyarakat.

Selama menjalani tugasnya sebagai tabib, Can memilih tidak menikah. "Saat meninggal, jenazahnya diawetkan. Hingga kini ada di China," terangnya.

Keberadaan patung tersebut menjadi magnet tersendiri bagi warga Tionghoa khususnya yang berada di Bandung. Menurut Aswadana, banyak jemaat yang sakit berdoa di hadapan patung tabib untuk memohon kesembuhan.

Vihara Dharma Ramsi termasuk vihara tua di Bandung, berdiri sejak 1959. Vihara ini merupakan vihara Tri Dharma, artinya tidak hanya dikunjungi oleh satu penganut aliran saja dalam Budha. Di vihara ini ada patung-patung dewa yang mewakili Budhis, Konghucu dan Tao.

Kredit

Bagikan