Waspada, virus zika bisa buat keguguran

user
Muhammad Hasits 01 Februari 2016, 12:48 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Ada virus anyar yang belakangan tengah ramai menjadi perbincangkan, namanya virus zika. Dampak negatifnya, virus ini bisa menyebabkan keguguran bagi ibu hamil.

Menurut laman resmi Depkes RI dikatakan bahaya terbesar dari serangan virus zika ini justru muncul pada ibu hamil. Hal tersebut disebabkan karena ibu hamil yang positif memiliki virus tersebut bisa menularkan virus tersebut pada janin dalam kandungannya.

Tak hanya itu, virus zika ini juga akan menyerang jaringan otot dan sistem saraf termasuk sistem saraf pusat di otak dari janin.

"Dampak paling buruk adalah keguguran. Itu bisa saja terjadi bila memang sang ibu dalam keadaan drop sekali," ujar Dokter Umum dari Duta Kartini, Laila A saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (1/2/16).

Virus zika ini ditularkan oleh nyamuk aedes aegepti. Masih satu family dengan virus lain seperti virus penyebab penyakit demam berdarah, penyakit kuning, dan penyakit chikungunya.

"Gejalanya sama kayak demam berdarah, penderitanya akan mengalami suhu badan naik turun. Ini karena virus jadi penangannya lebih ke daya tahan tubuh," terangnya.

Jika mengalami gejala seperti demam berdarah, kata dia, ada baik ya untuk segera konsultasi dengan dokter dan dipastikan apakah itu virus zika atau bukan.

Kredit

Bagikan