Ini gejala virus zika dan cara mengobatinya

user
Muhammad Hasits 01 Februari 2016, 11:53 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Virus Zika tengah menjadi perbincangan dunia. Virus berbahaya ini mulai terdeteksi di Indonesia. Bagaimana gejala jika terinveski virus ini.

Seperti dilansir dari situs resmi depkes.go.id, Senin (1/2), 1 di antara 5 orang yang terinfeksi virus zika menunjukkan gejala. Adapun gejala infeksi virus zika di antaranya demam, kulit berbintik merah, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala, kelemahan dan terjadi peradangan konjungtiva.

Pada beberapa kasus zika dilaporkan terjadi gangguan saraf dan komplikasi autoimun. Gejala penyakit ini menyebabkan kesakitan tingkat sedang dan berlangsung selama 2-7 hari.

Penyakit ini kerap kali sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan medis. Pada kondisi tubuh yang baik penyakit ini dapat pulih dalam tempo 7-12 hari.

Pada beberapa kasus suspek Zika dilaporkan juga mengalami sindrom Guillane Bare. Namun hubungan ilmiahnya masih dalam tahap penelitian.

Lalu apa yang harus dilakukan jika terinfeksi virus Zika? Jika terinfeksi virus Zika, maka lakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Istirahat cukup
2. Konsumsi cukup air untuk mencegah dehidrasi
3. Minum obat-obatan yang dapat mengurangi demam atau nyeri
4. Jangan mengkonsumsi aspirin atau obat-obatan NSAID (non stereoid anti inflmation) lainnya.
5. Cari pengobatan ke pelayanan kesehatan terdekat.

Kredit

Bagikan