Pemkot Bandung gelontorkan Rp 7 miliar biaya pemeliharaan taman

user
Muhammad Hasits 31 Januari 2016, 16:41 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pemakaman dan Pertamanan (diskamtam) pada tahun ini menggelontorkan dana sebesar Rp 7 miliar untuk pemeliharaan taman di Kota Bandung. Anggaran sebesar Rp 7 miliar ini bersumber dari pos APBD.

Kadiskamtam Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan dana ini akan digunakan untuk biaya pemeliharaan seluruh taman yang ada di Kota Bandung. Adapun biaya pemeliharaan seperti penggantian tanaman serta membayar upah pegawai harian lepas (PHL) yang bertugas menjaga dan merawat taman

"Dana ini digunakan untuk penggantian tanaman yang mati, penyulaman istilahnya. Untuk sistem pemeliharaan kami kan juga memperkerjakan PHL atau park ranger yang kerjanya membersihkan taman, menyapu dan mengontrol fasilitas yang ada di taman seperti kursi, meja dan beragam failitas lain," ujar Arief kepada Merdeka Bandung, belum lama ini.

Dia mengungkapkan sesuai dengan instruksi wali kota, tahun 2016 ini difokuskan sebagai tahun pemeliharaan taman.  Meskipun  pihaknya akan kembali membangun taman tematik pada tahun ini.

"Perbandingannya 60:40. 60 untuk pemeliharaan, dan 40 untuk pembangunan. Pak Wali Kota sudah menekankan bahwa tahun ini sebagai tahun pemeliharaan. Taman taman yang sudah direvitalisasi harus dijaga kondisinya. Sehingga terus bisa digunakan oleh masyarakat Bandung," kata Arief.

Menurut Arief, jumlah anggaran pada tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2015 lalu, anggaran untuk pemeliharaan taman sebesar Rp 5 miliar, sementara tahun ini sebesar Rp 7 miliar. Sehingga naik sebesar Rp 2 miliar.

"Ini juga termasuk dengan yang di pulo-pulo jalan dan median jalan.  Kita terus pelihara agar standar konstan," katanya.

Kredit

Bagikan