Pemkot Bandung kembali bangun 4 taman tahun ini

user
Mohammad Taufik 27 Januari 2016, 17:18 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) akan kembali membangun empat taman tematik pada tahun ini. Pembangunan taman tematik dilakukan sebagai bagian dari penataan ruang terbuka hijau di Kota Bandung.

Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskatam) Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan keempat taman tersebut yakni Taman Gasibu Mini (Gasmin) di Antapani, Taman Maluku, Taman di Jalan Seram (samping kantor Diskamtam) serta Taman Hutan Kota Babakan Siliwangi.

"Jadi ada empat taman tematik yang akan kita bangun tahun 2016 ini," ujar Arief kepada Merdeka Bandung saat ditemui di kantornya, Rabu (27/1).

Menurut Arief, untuk Taman Gasibu Mini akan direvitalisasi di bagian lapangan dan jogging track. Rumput di area lapangan akan diganti dengan rumput yang baru. Kemudian akan dibangun tribun penonton di sisi lapangan. Selain itu juga akan dibangun tiang-tiang untuk tempat kandang burung. Tiang-tiang tersebut dapat digunakan untuk perlombaan burung bagi warga sekitar.

Tak hanya itu penataan juga akan dilakukan untuk lapangan voli serta basket yang ada di sekitar kawasan Gasmin.

"Jadi pembangunannya ada dua tahap. Untuk tahap satu kita perbaiki rumput di lapangan dan jogging tracknya dulu," kata Arief.

Sementara untuk taman Maluku, taman yang akan direvitalisasi yakni yang berada persis di samping Taman Inklusi. Keseluruhan taman akan direvitalisasi agar lebih terata.

"Ini juga dua tahap. Tahap pertama kolamnya dulu. Kalo sekarang kan airnya dibuang. Nanti kolam itu akan kami jadikan sebagai penangkap air," kata Arief.

Untuk taman di Jalan Seram, lanjut Arief akan dibuat seperti Taman Anak Sungai Cikapayang yang berada di Balai Kota Bandung. Pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Bina Marga dan Pengairan untuk membangun taman tersebut.

Sementara untuk taman hutan babakan siliwangi akan dibuat dengan mengusung tema seni. Taman ini nantinya diperuntukan untuk aktivitas seniman di Kota Bandung.

"Taman ini nantinya dapat digunakan untuk melakukan aktivitas seni seperti kegiatan melukis, tari, bisa di situ.Ditambah akan kita buat skybridge dan fasilitas weeding garden," ungkap Arief.

Arief mengungkapkan dari empat taman tersebut, Taman Gasmin akan dibangun dalam waktu dekat. Sebab semua tahapan tahapan perencanaan telah selesai dilakukan

"Kalau Taman Gasmin tinggal kita lelang, DED (detail engineering design) sudah dibikin. Jadi setelah lelang tinggal dibangun. Targetnya pembangunannya enam bulan. Untuk tiga taman lainnya masih dalam persiapan, tapi ditargetkan InsyaAllah tahun ini juga," ujarnya.

Kredit

Bagikan