Kera ternyata lebih cerdas dibanding monyet

user
Mohammad Taufik 26 Januari 2016, 18:20 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Di dunia ini ada 600 jenis primata dan sebanyak 40 jenis berada di Indonesia. Primata (Primates) merupakan mamalia bangsa kera. Monyet juga termasuk primata.

Monyet merupakan jenis Primata yang hidup di Indonesia. Selain monyet, primata khas Indonesia lainnya adalah kukang, orang utan, lutung atau suril (bahasa Sunda) dan lain-lain.

Perwakilan Profauna Jawa Barat Rinda Aunillah Sirait, mengatakan perbedaan kera dan monyet atau lutung dapat dilihat dari tingkat kecerdasannya.

"Kera lebih cerdas, bisa menggunakan alat sederhana seperti batu atau ranting untuk memecah makanan. Sedangkan monyet tidak. Monyet tidak bisa menggunakan peralatan sederhana," terang Rinda saat berbincang di Bandung.

Selain itu, kera juga lebih tegak dibandingkan monyet. Monyet berjalan dengan empat kaki, sedangkan kera bisa dengan dua kaki. "Kera juga tidak punya ekor, monyet punya," katanya.

Ia menyebutkan, primata tersebar di Afrika, Asia dan lainnya. Saat ini, primata khas Indonesia terancam punah karena alih fungsi lahan dan perburuan.

Di era digital ini, primata seperti kukang, lutung, diperjualbelikan secara online. Padahal primata merupakan hewan dilindungi yang seharusnya dibiarkan hidup di alam liar.

Kredit

Bagikan