Begini modus manusia silver beraksi di Bandung

user
Muhammad Hasits 18 Januari 2016, 19:49 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Keberadaan 'manusia silver'  saat ini  masih sering dijumpai di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung. Keberadaan mereka dianggap meresahkan karena kerap kali  meminta-minta dengan cara memaksa kepada pengendara di jalan raya.

Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung Medi Mahendra menuturkan, modus yang biasa dilakukan oleh sebagian besar 'manusia silver' yang beraksi di Bandung yakni dengan membawa sebuah kotak kardus bertuliskan 'peduli yatim piatu'. Mereka kemudian mendekati para pengendara di jalan raya untuk meminta uang.

"Jadi mereka menggunakan kotak kardus dan di situ ada tulisannya 'peduli yatim piatu'. Begitu cara mereka meminta-minta kepada masyarakat," ujar Medi kepada Merdeka Bandung, Senin (18/1).

Para manusia silver ini biasanya mudah dijumpai saat akhir pekan, terutama di sejumlah ruas jalan yang ramai dilalui kendaraan. Saat kondisi arus lalu lintas sedang padat,  membuat laju kendaraan  berjalan lambat. Saat itulah para 'manusia silver' biasanya beraksi.

"Kalau dilihat dari penampilan, sebagian besar mereka yang beraksi itu masih muda-muda," katanya.

Medi mengungkapkan, dalih para manusia silver yang akan menyumbangkan donasi mereka dapat di jalanan hingga saat ini belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sebab pihaknya tidak pernah mendapat laporan apapun perihal panti yang menjadi tujuan untuk menyumbangkan donasi seperti yang tertera dalam kotak kardus yang mereka bawa.

"Faktanya itu tidak ada korelasinya.  Itu hanya jadi pendapatan buat mereka saja," kata Medi.

Terlebih lagi lanjut Medi siapapun yang mengumpulan uang atau barang dari masyarakat harus memiliki izin dari pemerintah yang dikoordinasikan melalui Dinsos. Namun aktivitas manusia silver tidak mengantongi izin dari dinsos.

Untuk itu pihaknya  mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan sumbangan kepada 'manusia silver' dan PMKS  seperti halnya gepeng dan anjal. Sebab dengan perilaku masyarakat yang masih sering memberikan sumbangan  kepada mereka, membuat mereka semakin menjamur.

"Untuk itu kami imbau kepada masyarakat supaya jangan lagi memberikan sumbangan kepada mereka,"pungkasnya.

Kredit

Bagikan