Bandara Kertajati bisa dipakai mendarat pesawat super jumbo

user
Farah Fuadona 14 Januari 2016, 13:15 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, sebagai bandara besar yang bisa dipakai mendaratnya pesawat super jumbo Airbus A380.

“Kita memiliki runway 3 kilometer. Insya Allah dengan 3 kilometer pesawat paling jumbo seperti A380 itu bisa mendarat di sini,” kata Gubernur yang akrab disapa Aher, melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung, Kamis (14/1).

Untuk diketahui, British Airways adalah maskapai yang mengoperasikan A380. Pesawat ini mampu memuat sekitar 500 penumpang.

Hingga saat ini, ia mengatakan proses pengerjaan runway pun telah rampung hingga 2,5 kilometer. Pemerintah pusat pun akan mengucurkan dana hingga Rp 200 Miliar untuk penyelesaian runway yang tinggal 500 meter. “Akan selesai pada tahun ini,” katanya.

Pengerjaan fasilitas lainnya seperti infrastruktur atau aksesibilitas menuju bandara hampir rampung. Saat ini sedang dilakukan persiapan untuk pemasangan tiang pancang gedung utama.

Sementara untuk air side atau sisi udara, proses pengerjaannya sudah mencapai 80 persen. Aher juga menyebut, bandara yang ditargetkan akan mulai beroperasi pada 2017 ini akan menjadi bandara terbaik di Indonesia.

“BIJB Kertajati merupakan satu-satunya bandara di Indonesia yang sekelilingnya dirancang dengan kelengkapan aerocity,” paparnya.

Kredit

Bagikan