Ini cara cepat menghilangkan bau pete dan jengkol di mulut

user
Mohammad Taufik 11 Januari 2016, 20:34 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Masalah bau mulut bisa sangat memalukan dan menyebalkan bagi bagi sebagian orang. Banyak faktor bisa mempengaruhi bau mulut ini, misalnya karena makanan. Salah satu makanan yang bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap adalah pete dan jengkol. Meskipun sudah diolah menjadi berbagai menu makanan, faktanya makanan ini memang pasti menyebabkan bau mulut kurang sedap.

Namun demikian, bagia Anda yang senang mengonsumsi pete dan jengkol, tidak usah khawatir. Ada beberapa tips ampuh mengatasi bau mulut dengan cepat akibat pete dan jengkol yang dirangkum dari berbagai sumber.

Herbal alami

Rempah-rempah seperti cengkeh, adas, atau biji adas, dapat menghilangkan bau mulut. Setelah makan, jangan lupa untuk mengunyah cengkeh, adas, atau biji adas supaya napas kembali segar.

Menyikat lidah

Kita sering mengabaikan lidah dan tidak membersihkannya saat sikat gigi. Lidah jika dilihat dengan mikroskop memiliki rambut-rambut halus yang menjadi ruang tempat menumpuknya plak dan beberapa hal yang kita makan. Itulah yang menyebabkan bau mulut.

Obat kumur

Untuk mengobati bau mulut tidak sedap, Anda bisa menggunakan obat kumur yang tersedia di pasaran. Mudah dan cepat, bukan? Gunakan obat kumur sehabis menyikat gigi untuk menyegarkan bau mulut.

Mengunyah permen atau permen karet mint

Seperti halnya obat kumur, permen mint atau permen karet mint dapat menghilangkan bau mulut dalam sekejap. Anda bisa selalu membawa permen mint atau permen karet mint kemana saja jika takut terkena bau mulut.

Mengkonsumsi makanan berbau menyengat lain

Cara lain adalah mengkonsumsi makanan berbau lain yang juga punya bau menyengat, misalnya durian atau sebagainya. Dengan begitu, mulut kamu nggak akan bau pete, tapi berubah jadi bau durian.

Mengunyah beras 

Cara selanjutnya adalah mengunyah beras. Ambil segenggam beras, kemudian kunyah sampai halus. Jangan ditelan, langsung buang saja. Beras bersifat kering sehingga dapat menyerap apa saja. Hal ini akan menghilangkan asam dari pete sehingga mulut diyakini enggak akan bau lagi.

Mengunyah kencur

Selain mengunyah beras, kamu juga bisa mengunyah kunyit untuk menghilangkan bau mulut karena pete dan jengkol. Meskipun rasanya cukup getir, cara ini termasuk sangat efektif untuk menghilangkan bau mulut. Kandungan antibiotic dalam kencur mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Bubuk kopi hitam

Cara selanjutnya sedikit pahit, ya memang kamu butuh kopi pahit untuk melakukan ini. Cukup gosok-gosokkan kopi kemudian kunyah sampai mulut terasa kering. Kemudian kumur-kumurlah dengan air putih lalu muntahkan.

(Diolah dari berbagai sumber)

Kredit

Bagikan