Masih muda kok ubanan? Hati-hati, bisa jadi karena penyakit ini

user
Mohammad Taufik 11 Januari 2016, 10:55 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sering kita menemukan orang-orang muda tapi rambutnya sudah ubanan. Padahal umumnya uban muncul saat orang berusia lanjut. Ternyata, ada beberapa faktor penyebab uban prematur itu muncul, misalnya karena gen atau terkait kelainan medis.

Dikutip dari Boldsky.com, ada beberapa faktor penyebab rambut ubanan secara prematur, misalnya disebabkan karena gaya hidup; merokok, diet yang salah, stres dan metode perawatan rambut tidak sehat.

Alasan kemunculan uban lain karena kekurangan vitamin B12, ketidakseimbangan hormon dan menopause dini. Artinya, ada beberapa efek ganjil dengan kemunculan uban prematur tersebut bila dikaitkan dengan kesehatan. Nah, berikut ini penyebab munculnya uban di usia muda:

Penyakit tiroid

Salah satu alasan munculnya uban adalah penyakit tiroid. Tiroid yang terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menghasilkan beruban prematur. Jadi, periksalah kadar tiroid Anda.

Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan Vitamin B12 telah dikaitkan dengan perubahan warna rambut. Sebab vitamin B12, seng dan tembaga, selama ini dikenal bertanggung jawab atas makanan rambut. Oleh sebab itu selalu sertakan makanan kaya vitamin B12 dalam diet Anda.

Genetik

Alasan utama untuk rambut berubah pada usia dini adalah genetik. Anak lebih rentan untuk memiliki rambut beruban lebih awal dalam hidup jika induknya memiliki masalah yang sama. Ini adalah salah satu alasan uban.

Kekurangan Vitamin C dan E

Jika tubuh menderita kekurangan Vitamin C dan E, maka rambut berubah abu-abu. Kekurangan dua vitamin tersebut dapat mengurangi jumlah produksi sel-sel melanin. Dengan demikian menyebabkan rambut beruban.

Merokok

Merokok juga merupakan salah satu faktor yang bertanggung jawab untuk perubahan warna rambut secara prematur. Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh si perokok. Sementara radikal bebas tadi menurunkan melanin, sehingga warna rambut berubah.

Junk food

Junk food adalah salah satu alasan uban di usia muda. Junk food atau makanan olahan mempercepat penuaan dengan mengurangi produksi melanin di rambut. Orang-orang yang sangat kecanduan junk food kecenderungan warna rambutnya abu-abu di usia muda.

Stres

Stres dapat memiliki banyak efek berbahaya dan salah satunya adalah rambut rontok dan beruban prematur. Shock, sedih dan gelisah dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin, sehingga mengarah ke beruban prematur.

Diet yang salah

Tidak memiliki diet seimbang berarti Anda kurang banyak nutrisi. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan pasokan tepat dari vitamin dan mineral, hal ini menyebabkan tubuh tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk rambut beruban.

Memamaki alat pengering rambut berlebihan

Berlebihan menggunakan pengering listrik dan setrika rambut juga membuat batang rambut menjadi lemah. Panas yang dihasilkan oleh mereka dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan beruban di usia dini atau uban prematur.

Kulit kepala kotor

Kulit kepala yang kotor dapat menjadi penyebab rambut beruban secara prematur. Jika Anda tidak merawat rambut Anda, itu akan menjadi abu-abu. Ini adalah salah satu alasan rambut beruban, sehingga Anda harus memastikan kulit kepala bersih.

Pewarna rambut

Sering menggunakan pewarna rambut bisa merusak rambut. Bahan kimia hadir di dalamnya juga dapat merusak sel-sel melanin. Hal ini dapat menyebabkan rambut beruban prematur.

Terlalu sering mencuci rambut

Air mineral dan oksidan menyebabkan rambut rontok, kering, kusam, tipis dan keriting. Hal ini juga menyebabkan rambut beruban.

Ketidakseimbangan hormom

Perubahan hormonal juga berkontribusi pada kondisi kulit dan rambut. Setiap perubahan hormonal besar dalam tubuh, misalnya saat hamil atau penyakit tiroid dapat menyebabkan beruban warna rambut secara prematur.

Menopause dini

Wanita yang menderita menopause dini juga beresiko mengalami uban secara prematur dan mungkin memerlukan perhatian medis.

Defisiensi asam folat

Asam folat sangat penting bagi banyak proses tubuh. Kekurangan vitamin ini tidak hanya memperlambat pertumbuhan rambut Anda, tetapi juga dapat menyebabkan rambut Anda berubah abu-abu.

Kredit

Bagikan