Kutil muncul karena terciprat darah ayam, mitos atau bukan?

user
Mohammad Taufik 30 Desember 2015, 08:35 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kutilan merupakan salah satu gangguan kulit yang menyebalkan. Kutil merupakan pertumbuhan kulit abnormal yang disebabkan oleh human pappilomavirus (HPV), salah satu virus yang menyebabkan kanker. Untuk menyembuhkahnya, kutil harus dibuang dari kulit.

Virus penyebab kutil ini juga dapat ditularkan melalui kontak antara kulit dengan kulit dan juga melalui kontak barang-barang yang digunakan seperti handuk atau sepatu.

Ada beberapa mitos tentang kutil ini. Misalnya, ada yang menyebut kutil muncul karena terciprat darah ayam. Tapi di daerah lain ada juga yang menyebut kutil muncul disebabkan oleh nasi yang menempel pada kulit. Aneh bukan? Namanya juga mitos.

Dikutip dari Medicalnewstoday, secara medis, kutil ini berbeda dengan tahi lalat. Jika tahi lalat berwarna gelap dan cukup besar sedangkan kutil seperti warna kulit, menonjol dan cenderung kecil. Biasanya daerah tangan dan kaki yang paling sering ditemui adanya kutil.

Penampilan si kutil ini juga berbeda-beda, tergantung pada bagian mana dia akan tumbuh. Benarkan kutil disebabkan terciprat darah ayam atau nasi yang menempel pada kulit? Ternyata bukan, sebab kutil dapat menular ke orang lain.

Jika seseorang menggaruk atau menggigit kutil; misalnya mengisap jari, atau menggigit kuku dapat menyebabkan kutil menyebar pada ujung jari dan sekitar kuku. Kemudian saat mencukur wajah atau kaki.

Namun demikian, resiko seseorang tertular kutil dari orang lain memang kecil. Sebab setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda terhadap virus kutil ini. Karenanya ada orang yang langsung kutilan setelah bersentuhan, sedangkan yang lainnya tidak menular.

Kutil ini ada beberapa jenis, yaitu; common warts, verrucas, plane warts dan filiform warts.

Common warts (verruca vulgaris)

Kutil jenis ini memiliki permukaan yang kasar serta teksturnya berupa benjolan yang menebal dan disebut dengan papula atau plak. Dapat muncul di setiap bagian tubuh, namun lebih sering timbul di buku jari, jari, siku dan lutut. Kebanyakan memiliki bintik-bintik kecil gelap yang berasal dari pembuluh darah beku.

Verrucas (plantar warts)

Kutil jenis ini biasanya muncul di telapak kaki, kadang-kadang di tumit dan jari kaki. Jenis ini dapat menyakitkan dan biasanya tumbuh ke dalam kulit karena adanya tekanan dari telapak kaki. Ciri khasnya memiliki titik hitam di tengah dengan daerah putih disekitarnya yang mengeras.

Plane warts (verruca plana).

Kutil jenis ini berbentuk bulat, datar, mulus dan umumnya berwarna kekuningan, kecoklatan atau warna kulit. Lebih umum terjadi pada anak-anak dan ditemukan pada tangan, kaki serta wajah.

Filiform warts (verruca filiformis)

Kutil jenis ini berbentuk panjang dan biasanya ditemukan pada kelopak mata, leher dan ketiak. Sebagian besar kutil memang tidak memerlukan perawatan medis, karena kebanyakan kutil bisa hilang dengan sendirinya.

Namun jika kutil tersebut menimbulkan rasa nyeri, mudah berdarah, mengubah penampilan, menyebar ke daerah lain atau tumbuh kembali setelah hilang, maka sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan tepat.

Kredit

Bagikan