Ngeri, malas minum bisa sebabkan kanker ginjal

user
Muhammad Hasits 11 Desember 2015, 14:07 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Anjuran minum air mineral delapan gelas setiap harinya sudah lama ada. Namun, nyatanya masih banyak orang yang mengabaikan anjuran tersebut.

Tahukah Anda jika minum air tanpa warna, tanpa rasa dan tanpa bau itu sangat penting? Tentu Anda harus mengetahuinya karena ini sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda.

Kurang minum bisa menyebabkan Anda terserang penyakit yang sangat berbahaya. Salah satunya adalah kanker ginjal. Penyakit tersebut digadang-gadang sebagai kanker kedua terbanyak diidap masyarakat Indonesia.

"Kalau sudah tahu akibatnya apa, jangan sampai malas minum lagi. Mulai sekarang ubah kebiasaan malas minum dengan minum minimal delapan gelas setiap harinya," jelas Dokter Spesialis Urologi Rumah Sakit Malinda 2, Ricky Adriansjah, Selasa (8/12).

Ricky menjelaskan, kekurangan minum air putih bisa dilihat dari urine yang dikeluarkan kala buang air kecil. Kekurangan air putih akan terlihat jika warna urine coklat pekat, yang baik adalah warna bening.

"Kalau warna urine sudah coklat pekat itu sangat bahaya nantinya bisa menyebabkan kencing batu. Setelahnya jika masih kurang memperhatikan kesehatan juga bisa terkena kanker ginjal," paparnya.  

Kanker ginjal hingga saat ini banyak diderita oleh orang dewasa, jumlahnya hingga 80 persen. Salah satu penyebab terjadinya kanker ini karena kurangnya minum.

Kredit

Bagikan