Tips Listrik Rumah Aman Saat Ditinggal Liburan Tahun Baru

user
Muhammad Hasits 22 Desember 2018, 16:33 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Banyak orang yang tengah sibuk mempersiapkan liburannya pada libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018/2019. Sebaiknya, sebelum berangkat liburan sempatkan waktu untuk memeriksa kelistrikan yang ada dirumah Anda. Tentunya agar kondisi listrik tetap aman selama Anda menikmati momen liburan.

Senior Manajer PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Hendra Slamet Riyadi memberikan tips agar listrik di rumah tetap aman selama liburan. Setidaknya ada empat tips yang diberikan dan tentu saja mudah untuk dilakukan.

Pertama, akhir tahun yang identik dengan musim penghujan membuat Anda tentu saja lebih waspada sebelum meninggalkan rumah untuk waktu yang cukup lama. Para pelanggan PLN diimbau untuk menjauhkan alat elektronik dan instalasi listrik dari potensi terkena air yang mengakibatkan tersetrum.

“Harus lebih waspada, soalnya musim hujan. Pastikan alat elektronik dan instalasi listrik untuk dijauhkan dari potensi terkena air takutnya tersetrum,” ujar Hendra kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Ambrogio Patisserie, Jalan Banda, Jumat (21/12).

Kedua, tidak bermain-main dengan kembang api di sekitar tiang, kabel, maupun jaringan listrik karena berpotensi mengakibatkan kebakaran. Selanjutnya, mematikan seluruh aliran listrik dan mencabutnya dari stop kontak sebelum meninggalkan rumah dalam waktu yang lama untuk menghindari konsleting.

“Terakhir, jangan lupa untuk membeli token cadangan agar persediaan listrik cukup dan tak lupa menyelesaikan pembayaran rekening listrik bagi pelanggan pascabayar agar tidak terkena denda dan pemutusan sementara,” katanya.

Kredit

Bagikan