BRI Gandeng Mahasiswa Tuk Kembangkan UMKM

user
Endang Saputra 17 Desember 2018, 13:50 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) secara konsisten memberikan dukungannya terhadap pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satu cara untuk mengembangkan UMKM Tanah Air, Bank BRI menggandeng mahasiswa jurusan ekonomi dan bisnis.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Osbal Saragi Rumahorbo mengatakan, digandengnya mahasiswa untuk mendukung UMKM ini karena pihaknya memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang intelektual.

Para mahasiswa yang dipilih untuk bekerjasama adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad) dan BUMN Center of Excellence Unpad.

"Perlu diakui bila saat ini UMKM menjadi salah satu sektor yang memiliki kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Peran mahasiswa juga sangat strategis untuk dapat ikut serta mengembangkan sektor UMKM," ujar Osbal dari keterangan tertulis diterima Merdeka Bandung, Senin (17/12).

Dalam acara ‘Akselerasi UMKM Melalui Digital Banking BRI’ di Grha Sanusi Hardjadinata Dipatiukur, pada hari Rabu (12/12), Osbal juga menjabarkan perihal adopsi digital banking yang begitu penting di tengah kecanggihan teknollgi dewasa ini.

"Adopsi digital banking menjadi sangat penting sehingga mampu menunjang aktivitas ekonomi dan juga semakin mendekatkan layanan perbankan pada sektor UMKM," jelasnya.

Peran mahasiswa di dunia UMKM, lanjutnya, sangat penting. Soalnya, mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang sudah dipelajari di kampus ke dalam sektor UMKM dan secara bertahap mengembangkannya.

"Dengan demikian, ilmu yang sudah dipelajari menjadi sangat bermanfaat dan dengan terjunnya mahasiswa ke UMKM membuka peluang mereka untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu, Digital Banking merupakan salah satu infrastruktur pendukung yang dimiliki oleh lembaga perbankan. Melalui digital banking, layanan yang dimiliki oleh Bank BRI akan semakin dekat kepada para nasabahnya termasuk mereka yang aktif mengembangkan sektor UMKM.

Hal ini semakin mempermudah UMKM untuk memperolah layanan perbankan Bank BRI tanpa harus selalu mengunjungi Kantor Cabang di lokasi mereka.

Di dalam rangkaian acara Leader Talks ini, Bank BRI juga menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa fasilitas dan prasaranan pendidikan. Selain itu, diserahkan juga Beasiswa Cerdas Bank BRI 2018.

Bank BRI bersama Universitas Padjadjaran juga menandatangani Perjanjian Kerjasama Implementasi Transaksi Cashless untuk semakin mendorong program cashless society di kalangan mahasiswa dan sivitas akademika yang ada di Unpad. Terdapat juga Pameran Bazar UMKM binaan BRI dan Unpad.

"UMKM ini merupakan contoh nyata yang dapat dijadikan inspirasi bagi para mahasiswa untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari ke dalam dunia nyata," katanya.

Kredit

Bagikan