Facebook Beri Keterampilan Digital dan Pelatihan Bagi Para Pelaku Usaha

user
Endang Saputra 21 November 2018, 14:37 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Facebook tengah gencar melakukan kampanye ‘Laju Digital’. Setelah datang ke berbagai kota di Tanah Air, kali ini giliran Bandung menjadi tempat penyelenggaraan acara di Hotel Hilton. Lewat kegiatan ini Facebook memberikan keterampilan digital dan pelatihan bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan, pelaku usaha kecil menengah yang membutuhkan panduan untuk mengembangkan bisnis mereka, serta komunitas agar mereka lebih bisa memanfaatkan internet secara maksimal untuk mencapai tujuannya.

Head of Emerging Business and SMB Indonesia and Philippines Facebook, Ferdy Nandes mengatakan, Bandung menjadi kota ke enam dari rangkaian kampanye nasional Facebook yang bertujuan membantu usaha kecil dan menengah (UKM) maupun komunitas di Indonesia untuk bisa sukses di era digital. Dalam hal ini, Facebook berkomitmen untuk membantu usaha kecil dan menengah dan juga komunitas di seluruh Indonesia dari bagian barat hingga daerah pelosok di Indonesia Timur.

"Semua program di bawah kampanye Laju Digital tersedia tanpa dipungut biaya untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan berbagai tingkat keterampilan digital yang berbeda. Kampanye Laju Digital akan memperluas dan meningkatkan pelatihan keterampilan digital bagi pencari kerja, komunitas di Indonesia, dan pemilik usaha kecil," ujar Ferdy kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam acara ‘Facebook Laju Digital’ di Hotel Hilton, Rabu (21/11).

Ia menjelaskan, untuk pencari kerja, pelatihan dari Facebook akan membantu masyarakat Indonesia meningkatkan keterampi|an digital dan mengoptimalkan pemakaian media sosial. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Morning Consult bekerja sama dengan Facebook pada tahun 2017, 90 persen UKM mengatakan bahwa keterampilan digital dan media sosial menjadi pertimbangan penting mereka saat akan mempekerjakan karyawan baru, bahkan faktor ini menjadi Iebih penting dibandingkan latar belakang pendidikan pelamar kerja.

Bagi pemilik usaha kecil, Facebook akan mengadakan program pelatihan untuk membantu wirausaha menjangkau pelanggan baru dan mengembangkan bisnis mereka. Riset Morning Consult menunjukkan bahwa dua dari tiga UKM di Facebook membangun bisnis mereka di platform Facebook, dan 89 persen dari UKM di Facebook menyatakan bahwa Facebook membantu mereka untuk menarik perhatian pelanggan.

Sementara itu, dua dari tiga usaha kecil dan menengah di Indonesia yang menggunakan WhatsApp untuk membangun bisnis, dan 77 persen di antaranya mengaku mengalami peningkatan penjualan setelah menggunakan WhatsApp.

Sementara bagi komunitas Indonesia di Facebook, akan mendapatkan akses untuk pelatihan literasi digital dan materi edukasi keamanan online. Sejak tahun 2016, program literasi digital dan keamanan online Facebook telah menjangkau 108 komunitas di kota-kota besar di Indonesia, dan telah menjangkau Iebih dari 11 ribu siswa dan membekali mereka dengan kemampuan berpikir secara kritis dan berempati saat menggunakan platform online.

"Pelatihan yang kami berikan termasuk kelas untuk mempelajari best practices dalam pemasaran, privasi online, bagaimana membangun komunitas, dan masih banyak Iagi. Kami bisa membantu Anda yang ingin menghadirkan bisnis atau komunitas Anda secara online untuk berkembang tanpa memandang kemampuan digital Anda. Apakah Anda seorang pengguna baru maupun pengguna yang sudah mahir menggunakan Facebook dan produk Facebook lainnya," jelas Ferdy.

Kampanye Laju Digital bekerja sama dengan Kantor Staf Kepresidenan RI, Kementerian Komunikasi dan lnformatika, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Relawan TIK, dan Siberkreasi, untuk hadir di 10 kota sepanjang tahun 2018, termasuk Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Mataram, Gorontalo, Makassar, Kupang, dan Manokwari.

Kredit

Bagikan