Pemuda Kota Bandung harus mampu mengambil peran dalam pembangunan kota

user
Endang Saputra 29 Oktober 2018, 15:22 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, jika pemuda harus mengambil peran dalam pembangunan kota. Hal itu diungkapkan Yana saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Plaza Balai Kota Bandung, Senin (29/10). Dalam kesempatan itu Yana bertindak sebagai inspektur upacara.

Menurut Yana banyak hal positif yang dapat dilakukan dalam memaknai Hari Sumpah Pemuda ini. Salah satunya lewat peran pemuda dalam pembangunan. Terlebih lagi, saat ini Indonesia sedang menghadapi pesta demokrasi untuk memilih presiden dan anggota legislatif.

"Pemuda diharapkan mampu menciptakan Bandung yang aman, nyaman, dan kondusif," ujar Yana.

Menurut Yana, hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober merupakan momentum yang tepat untuk merefleksikan peran pemuda dalam mendirikan negara ini.

"Kita semua berutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini," ucap Yana.

Di tempat yang sama Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung, Hendra Guntara mengatakan, ada empat nilai yang harus dimiliki oleh pemuda. Empat nilai tersebut yakni keahlian dalam bidang tertentu, kemampuan untuk mewujudkan visi, ketegasan dalam mengambil keputusan, serta jiwa kepemimpinan dan hubungan antar manusia.

"Selain itu, pemuda juga harus meningkatkan kreativitas, mewaspadai penyalahgunaan narkoba, mewaspadai kabar hoaks, bersatu menjalin persaudaraan, dan jangan cepat berpuas diri dengan apa yang telah dicapai," katanya.

Kredit

Bagikan