BMKG prediksi musim hujan akan terjadi pada bulan Oktober

user
Endang Saputra 29 September 2018, 11:39 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Bandung, Tony Agus Wijaya memprediksi awal musim hujan baru akan terjadi pada bulan Oktober. Saat ini kata Tony, masih dalam masa musim kemarau.

"Kalau saat ini masih kemarau. Untuk musim hujan di Bandung diprediksi terjadi di akhir Oktober," ujar Tony kepada Merdeka Bandung lewat pesan singkat, Jumat (28/9).

Menurut Tony sesuai siklusnya, musim hujan akan terjadi pada Oktober hingga April. Meski saat ini terhitung musim kemarau, namun beberapa kali terjadi hujan yang disertai dengan angin kencang dan petir. Menurut Tony, itu terjadi karena adanya gangguan cuaca pendek. Namun hal itu merupakan sesuatu yang normal.

"Itu Normal. Seperti yang terjadi kemarin, adalah ganguan cuaca jangka pendek, sekitar 3 hari, berupa daerah belokan angin, yang membuat awan terkumpul di sekitar Jabar," katanya.

Tony memprediksi dalam tiga hari ke depan cuaca di wilayah Bandung Raya ini adalah cerah berawan. Dia pun mengimbau masyarakat untuk bersiap menyambut datangnya musim hujan dengan membersihkan saluran air dan merapikan cabang pohon yang rimbun.

"Masyarakat diimbau agar menjaga lingkungan sekitar, merapikan cabang pohon yang rimbun, dan membersihkan saluran air," katanya.

Kredit

Bagikan