Telkom University raih peringat pertama PTS nasional

user
Mohammad Taufik 01 Agustus 2018, 13:25 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Usai meraih peringkat 1 SINTA (Science and Technology Index) pada awal Juli lalu, Telkom University (Tel-U) kembali meraih peringkat pertama dalam pemeringkatan website Internasional dan Journal Internasional.

Menurut hasil pemeringkatan yang dikeluarkan oleh website resmi www.webometrics.info Tel-U menempati peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Nasional. Webometrics merupakan sistem peringkat untuk universitas - universitas di dunia berdasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi Web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima.

Peringkat ini diterbitkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok peneliti dari Dewan Peneliti Nasional Spanyol (Spanish National Research Council (CSIC)) yang berlokasi di Madrid. Rektor Tel-U, Mochamad Ashari, mensyukuri capaian yang telah di raih Telkom University hingga saat ini.

"Alhamdulillah kualitas website dan publikasi sudah mendapat raihan peringkat 1 PTS di Indonesia dan peringkat 10 untuk PTS dan PTN, ke depan Telkom University akan terus meningkatkan kualitasnya, terimakasih kepada seluruh sivitas akademika yang telah bekerja keras untuk tercapainya prestasi ini," ujar Ashari dari berita tertulis yang diterima Merdeka Bandung, Rabu (1/8).

Selain webometric peringkat satu dalam kualitas website diraih melalui website resmi 4ICU yakni www.4icu.org 4ICU atau 4 International Colleges & Universities merupakan suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara.

Telkom University sebagai perguruan tinggi yang fokus akan Tridharma perguruan tinggi nya, usai meraih SINTA Award dalam bidang penelitian, Tel-U yang terus fokus meningkatkan kualitas jurnal penelitian Internasional yang terindeks SCOPUS saat ini meraih peringkat pertama PTS pada website www.scimagojr.com.

SCIMAGO sendiri merupakan kelompok penelitian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), Universitas Granada, Extremadura, Carlos III (Madrid) dan Alcala de Henares, yang didedikasikan untuk analisis informasi, representasi dan pengambilan kembali melalui teknik visualisasi.

"Sedangkan untuk The SCImago Journal & Country Rank (SCIMAGOjr) merupakan portal yang tersedia untuk umum yang mencakup jurnal dan indikator ilmiah negara yang dikembangkan dari informasi yang terdapat dalam database Scopus," katanya.

Kredit

Bagikan