NHI Bandung Resmi Beralih Status dari Sekolah Tinggi ke Politeknik

user
Endang Saputra 14 Maret 2022, 15:30 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung resmi beralih status menjadi politeknik. Perubahan ini diperkuat dengan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2021 tentang Statuta Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Politeknik Pariwisata NHI Bandung yang selanjutnya disebut Poltekpar NHI Bandung merupakan perguruan tinggi vokasi pariwisata yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Dengan perubahan alih status ini, semakin meningkatkan fokus Poltekpar NHI
Bandung dalam pengembangan pendidikan vokasi. Selain itu, perubahan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan merespon perkembangan dunia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang semakin dinamis sehingga Visi Poltekpar NHI Bandung untuk menjadi institusi pendidikan tinggi kepariwisataan berdaya saing global yang mengedepankan personalitas, keterampilan, dan kreativitas dalam mewujudkan SDM Maju, Unggul dan Berjiwa Wirausaha bisa tercapai.

Kegiatan Grand Launch Poltekpar NHI Bandung dilaksanakan secara Hybrid dan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno secara virtual. Dalam sambutannya ia menyampaikan harapannya.

"Harapannya Poltekpar NHI Bandung dapat senantiasa meningkatan inovasi di bidang metode pembelajaran berbasis riset, pelatihan kurikulum berbasis kewirausahaan, membangun engagement dan linkage dengan para pemangku kepentingan agar mampu menghasilkan SDM unggul yang kedepan dapat membuka peluang ekonomi dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya," kata dia dilansir dari berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

Selain itu, diharapkan Poltekpar NHI Bandung dapat menjadi pusat unggulan sebagai centre of excellence in culinaire tourism, pusat inkubasi wirausaha Parekraf dan memiliki program magister terapan serta membuka program Doktor di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kredit

Bagikan