Oded akan perbanyak stasiun sepeda di Kota Bandung

user
Mohammad Taufik 26 Mei 2018, 11:05 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Oded M. Danial dan Yana Mulyana bertekad menggiatkan kampanye bersepeda. Oded-Yana ingin menumbuhkan kembali budaya bersepeda dalam aktivitasnya terutama saat berangkat ke tempat kerja kepada warga Kota Bandung.

Program bersepeda yang disiapkan Oded-Yana ini bernama Sejuta Bro N Sis singkatan dari Sejuta Babarengan Sepeda Sambil Narsis. Ini merupakan salah satu program yang diusung untuk mengurangi kemacetan di kota Bandung dengan pengarus utamaan kembali sepeda sebagai moda transportasi warga kota.

Oded mengatakan, untuk mendukung program ini, nantinya stasiun sewa sepeda berjaringan atau bike sharing bernama Bike On The Street Everybody Happy (Boseh). Ke depan, ia berharap stasiun Boseh ini bisa dimanfaatkan warga yang akan beraktifitas di Kota Bandung dan ditempatkan di dekat permukiman.

"Bike sharing ini cukup menjanjikan sebagai solusi kemacetan, karena boleh lewat trotoar. Dari aturannya kan pesepeda boleh melintas di atas trotoar. Tentunya ini bisa menjadi transportasi pilihan daripada ikut macet-macetan bersama kendaraan bermotor lain di jalan raya," ujar Oded dalam siaran persnya.

Saat ini, Boseh baru tersedia sekitar 30 stasiun. Rencananya akan ditambah menjadi 100 stasiun yang tersebar di Kota Bandung. Selain menghubungkan dengan permukiman warga, stasiun-stasiun baru nantinya juga akan ditempatkan di pusat keramaian, pusat perbelanjaan, sekolah dan perkantoran. Hal ini dilakukan agar terintegrasi dengan layanan transportasi umum lainnya.

Boseh akan ditempatkan dengan sejumlah halte bis dan angkot serta terminal. Alun-alun Bandung menjadi sentra aktifitas warga yang menjadi contoh layanan Boseh yang diintegrasikan langsung dengan halte bis.

"Jadi, nanti masyarakat kalau mau menggunakan bis bisa ke halte pakai sepeda Boseh. Sebaliknya, ketika turun dari bis, warga bisa menggunakan Boseh. Pasangan Oded-Yana berharap bersepeda ini bisa jadi tujuan wisata sekaligus menjadi moda transportasi utama bagi warga," katanya.

Sementara itu Yana Mulyana sangat mengapresiasi komunitas-komunitas sepeda yang dengan kesadarannya membantu mewujudkan program-program dari pemerintah. Ia mengungkapkan, setiap program yang dibuat oleh pemerintah tidak akan terlaksana dengan baik apabila tidak adanya peran serta aktif dari warganya sendiri. Oleh karena itu, Yana pun akan selalu menunggu keterlibatan warga di dalam program lainnya.

"Di sisi lain program ini merupakan program berskala masif dan revolusioner yang membutuhkan upaya kuat dari seluruh elemen warga Kota Bandung, dan insyaallah pasangan Oded-Yana siap memimpin revolusi berkendara di Kota Bandung," ucap Yana.

Pasangan ini sudah memulai program ajakan bersepeda ini bersama komunitas bernama Koboy (Komunitas Boseh Oded Yana). Ketua Koboy, Dikdik Kurniadi menyatakan bahwa komunitas ini terbentuk sebagai suatu aksi nyata dari program yang digagas oleh paslon nomor tiga ini.

"Ini dalam upaya untuk mengurangi kemacetan yang dampaknya sangat terasa mendera warga kota Bandung," kata Dikdik.

Kredit

Bagikan