Pelaksanaan CFN dan CFD di Bandung ditiadakan sementara selama bulan Ramadan

user
Endang Saputra 20 Mei 2018, 10:14 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dinas Perhubungan (Dishub) akan meniadakan sementara waktu kegiatan Car Free Day (CFD) dan Car Free Night (CFN) selama bulan Ramadan. Penghentian sementara kegiatab ini berlaku di CFD Dago, CFD Buah Batu, dan CFN Asia Afrika.

"Intinya untuk Ramadan ini, seperti yang sudah tahun sebelumnya, besar kemungkinan akan ditiadakan, penyelenggaraan CFD maupun CFN," ujar Kepala Dishub Kota Bandung Didi Ruswandi kepada wartawan di Balai Kota Bandung beberapa waktu lalu.

Didi mengatakan, sebelum kembali digelar, pihaknya akan mengkaji ulang tujuan awal digelarnya kegiatan tersebut. Pihaknya ingin mengembalikan kembali kegiatan CFN dan CFD ke marwah semula yakni dalam rangka Program Langit Biru.

"Kita ingin mengembalikan kembali CFN dan CFD ke marwah semula, bahwa semangatnya awal dibangun dalam rangka Program Langit Biru. Jadi mengurangi emisi gas buang, konsepnya ke sana. Kalau sekarang mulai ada penggunaan yang tidak sesuai. Di Keputusan Wali Kota (Kepwal) diamanatkan hanya untuk kegiatan bersepeda berjalan kaki, olah raga lainnya, senam, seperti itu," kata dia.

Menurut Didi, dengan adanya kegiatan tersebut seharusnya pengunjung CFD mengubah pola perilaku penggunaan transportasi dari kendaraan bermotor menjadi kendaraan tidak bermotor.

"Justru harusnya orang berubah menggunakan transportasinya dari semula kendaraan bermotor jadi kendaraan tidak bermotor. Kalau ada parkir kan seolah-olah orang masih menggunakan kendaran bermotor ke CFD. Sebetulnya keluar dari semangatnya. Mestinya orang ke situ tuh naik sepeda, jalan kaki, atau naik angkutan umum. Nah, itu yang semangatnya tidak sesuai dengan marwahnya," ucap Didi.

Sementara itu Pj Sekda Kota Bandung Dadang Supriatna mengatakan, bahwa saat ini, Pemkot Bandung tengah mengumpulkan berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengevaluasi kegiatan CFD.

"Setelah rapat ini nanti akan dilanjutkan rapat selanjutnya membahas detail dan mengenai substansi isi pengumuman tersebut. Pada tahun-tahun sebelumnya, memang selama Ramadan ini sampai pascalebaran itu CFD maupun CFN itu tidak diselenggarakan. Hanya mungkin kita ingin supaya masyarakat juga mengetahui secara luas," katanya.

Kredit

Bagikan