Tujuh kali berturut-turut Kota Bandung juarai MTQ tingkat provinsi

user
Mohammad Taufik 21 April 2018, 14:02 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kontingen Kota Bandung kembali meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Propinsi Jawa Barat ke-35 yang digelar di Kabupetan Sukabumi. Kota Bandung sukses memeroleh skor tertinggi yaitu nilai 70 menyisihkan daerah-daerah lain. Posisi kedua ditempati Kabupaten Bandung dengan nilai 48, disusul Kabupaten Sukabumi.

Pada MTQ kali ini, Kota Bandung mengirim 54 kafilah dengan didampingi oleh 21 official dan 30 pembina. Para kalifah mengikuti 10 kategori lomba yang terdiri dari kategori Tilawah Quran, Murattal, Qira'ah Sab'ah, Tahfidz, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Tafsir Quran, khat/kaligrafi, Makalah Ilmiah Alquran, dan Musabaqah Menulis Kandungan Alquran, untuk mengikuti seluruh kategori yang dilombakan

Piala Juara Umum MTQ diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan kepada Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin, pada acara penutupan MTQ ke-35 Tingkat Jawa Barat, di Alun-alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (20/04/2018) malam.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kota Bandung Emma Solihin, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Tatang Muchtar, Kepala Bagian Humas Kota Bandung Yayan Ahmad Brillyana.

Pjs Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin mengucapkan rasa syukurnya atas raihan prestasi Kota Bandung yang dapat meraih juara umum secara berturut-turut tujuh kali. "Alhamdulillah, ini adalah hasil kerja keras semua pihak dari mulai LPTQ semua jajaran terus memberikan dukungannya," ujar Solihin dalam rilis yang diterima Merdeka Bandung, Sabtu (21/4).

Menurutnya, prestasi ini merupakan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kota Bandung. Prestasi ini merupakan bagian dari usaha yang telah dibina sejak dini.

"Bukan saja untuk Saya bukan pula untuk jajaran Pemerintah Kota Bandung tapi untuk masyarakat Kota Bandung. MTQ ini harus jujur. Di setiap kejuaraan harus jujur melalui persiapan yang matang. Bukan suatu yang mudah memperoleh prestasi," katanya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Solihin menyebut bahwa Pemkot Bandung akan memberikan 'kadeudeuh' kepada peserta yang meraih juara. "Ada bonus yang pasti. Juara pertama seharga biaya haji. Untuk peringkat kedua dan ketiga diberi umroh," ucap Solihin.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Kota Bandng, Tatang Muchtar mengatakan, dengan keluarnya Kota Bandung sebagai juara, mencatatkan rekor tujuh kali berturut-turut meraih gelar juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Propinsi Jawa Barat.

"Dari MTQ yang terakhir di Tasikmalaya kita terus mengalami peningkatan kualitas dengan perolehan medali yang lebih banyak," ujarnya.

Tatang menegaskan, kegiatan MTQ ini bukan hanya acara seremonial pertandingan melainkan harus memberikan dampak untuk para peserta didik dan pembina untuk mengembangkan lebih lanjut juga untuk masyarakat luas. "Alquran ini bukan hanya sekedar bahan bacaan melainkan lebih luas menjadikan tuntutan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Kredit

Bagikan