Jelang musim liburan, BIP lakukan latihan evakuasi kebakaran

user
Endang Saputra 19 April 2018, 10:41 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Jelang musim liburan pada Ramadhan dan mudik lebaran tahun 2018, Bandung Indah Plaza Mall (BIP)secara konsisten terus melakukan kewaspadaan terhadap ancaman bahaya kebakaran. Kewaspadaan itu dibuktikan secara nyata dengan konsisten melakukan latihan evakuasi dan penanganan bencana serta bahaya kebakaran.

Mal Director Bandung Indah Plaza dan Istana Plaza, Didie S. Markibah mengatakan, latihan yang dilakukannya kali ini adalah gabungan antara Bandung Indah Plaza dan Istana Plaza. Kegiatan berlangsung di era Bandung Indah Plaza, Jalan Merdeka.

Kegiatan yang berlangsung pukul 09.00 WIB ini diikuti oleh mayoritas karyawan Bandung Indah Plaza dan tentunya petugas pemadam kebakaran. Dalam kesempatan tersebut, para karyawan diajarkan perihal pengoperasian Alat Pemadam Api Ringan (APAR), serta menjinakkan api kala kebakaran terjadi.

"Tentunya kami sangat menghargai nyawa manusia. Untuk itu kami sebagai pengelola gedung secara rutin terus melaksanakan pelatihan-pelatihan penanganan kondisi darurat. Bukan hanya untuk keselamatan aset, tetapi untuk pada manusia yang bekerja dan berkunjung ke sini," ujar Didie kepada Merdeka Bandung, Rabu (18/4).

Pada pelatihan evakuasi ini, sebuah skema telah dipersiapkan yang dibuat seolah mall dalam kondisi beroperasional, di mana seluruh toko dibuka lebih awal dan penhinjung telah ada berkeliling dalam mall.

Hal ini dibuat untuk mengukur sejauh mana kesigapan para petugas tim penanggulangan keadaan darurat yang sudah sitetapkan dengan pembagian tugas yang spesifik dan terus dilatih untuk bereaksi cepat.

Dalam skema yang diterapkan kalo ini, dikondisikan bahwa banyak korban terluka yang diperlukan perlakuan khusus untuk dievakuasi, hal ini dimaksudkan untuk lebih siap menangani banyaknya jumlah pengunjung pada saat kondisi darurat.

Setelah seluruh area gedung dinyatakan aman dan kosong atau telah dievakuasi dan berkumpul dititik aman, maka kegiatan dilanjutkan ke tahap pelatihan penanganan dan pemadaman api.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Ferdi Ligaswara mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kepada pihak mall yang melakukan latihan simulasi kebakaran seperti yang dilakukan oleh BIP.

"Terimakasih dan saya mengapresiasi kepada Bandung Indah Plaza yang rutin melakukan latihan simulasi kebakaran dan evakuasi bencana untuk kenyamanan customer yang datang ke BIP," katanya.

Kredit

Bagikan