Rawan longsor, Dirut PT KAI cek jalur selatan

user
Endang Saputra 10 April 2018, 11:56 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Edi Sukmoro mengatakan, jalur kereta api wilayah selatan ini rawan longsor. Untuk itu, pihaknya turun langsung melakukan pengecekan jalur kereta api di wilayah selatan.

Pengecekan ini dilakukan sebagai langkah melakukan persiapan jelang angkutah lebaran 2018 mendatang. Pihaknya berupaya untuk memastikan seluruh persiapan angkutan lebaran berjalan lancar.

"Ini kesempatan kita untuk mengecek kesiapan dari seluruh stasiun yang akan dilalui nanti pada saat operasi lebaran termasuk jalur selatan, jalur utara ada juga berangkat hari ini. Kita semuanya baik komisaris, direksi, maupun staff dibawahnya direksi seperti deputi direktur turun mengecek kesiapan jelang angkutan lebaran," ujar Edi saat ditemui di Stasiun Bandung, Selasa (10/4).

Pengecekan yang dilakukannya adalah kesiapan kelayakan penumpang, lalu pada saat kereta melintasi titik-titik rawan ada yang kendala teknis dan non teknis.

"Kalau masalah teknis sudah jelas jalur selatan paling banyak. Seperti kejadian bisa ambles, bisa longsor, atau bisa banjir. Kemudian kalau non teknis masih ada pelemparan, meskipun itu sudah berkurang jauh. Kita antisipasi persiapan aman," kata dia.

Untuk daerah rawan longsor, lanjut, pihak PT. KAI tengah berupaya melakukan perbaikan lereng, serta melakukan penjagaan terutama pada Daerah Operasi 2 Bandung yang terbilang banyak memiliki daerah rawan longsor.

"Daop 2 ini ada banyaj daerah rawan longsor, makanya kia terus perbaiki. Untuk Daop 5 sering banjir dan kita lakukan antisipasi disana. Batasan 15 cm diatas kop kita laran untuk jalan, karena kita enggak tahu dibawah rel ya. Takut ada apa-apa," terangnya.

Bicara soal persiapan pelayanan lebaran, Edi memaparkan bahwa persiapan jelang pelayanan tahunan ini terus dilakukan. Pada angkutan lebaran nanti, dijadwalkan ada kereta tambahan dengan jadwal hingga 40 perjalanan.

"Kemungkinan ada kereta tambahan, perjalanannya mencapai 40 perjalanan. Dengan begitu, total keseluruhan ada 393 perjalanan sudah ditambah dengan 49 perjalanan tadi," katanya.

Kredit

Bagikan