Peristiwa BLA harus direfleksikan dalam pembangunan Kota Bandung saat ini

user
Endang Saputra 24 Maret 2018, 18:19 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Semangat perjuangan dalam peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) harus direfleksikan dalam pembangunan Kota Bandung di generasi sekarang. Pemerintah bersama semua elemen masyarakat harus berkolaborasi untuk menjadikan Bandung lebih baik.

Hal itu diungkapkan Panjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung Muhamad Solihin saat menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Bandung Lautan Api di Balai Kota Bandung, Sabtu (24/3).

"Kalau dulu mungkin kita menghadapi lawan kita penjajah, sementara sekarang kita menghadapi segala tantangan yang ada di masyarakat. Bagaimana kita mengubah mindset masyarakat, cara berpikir masyarakat untuk menjaga semua apa yang ada di Kota Bandung untuk lebih baik lagi," ujar Solihin.

Menurut dia, Pemkot Bandung terus berupaya untuk melakukan pembenahan di berbagai bidang. Mulai dari sosial, ekonomi, lingkungan, hingga budaya dan keagamaan. Solihin menyebutkan beberapa sektor penting seperti transportasi, penataan permukiman, revitalisasi pasar, hingga penanganan banjir.

Solihin mengungkapkan bahwa tantangan terberat dari penanganan persoalan ini adalah mengintegrasikan rencana pembangunan yang dibuat oleh pemerintah dengan partisipasi masyarakat. Kedua komponen ini, menurutnya adalah kombinasi sempurna yang harus terus diupayakan.

"Karena sebaik apapun rencana yang dibuat oleh pemerintah tanpa dukungan dari masyarakat akan jadi sia-sia. Pemerintah tidak bisa melaksanakan pembangunan sendiri harus bersama dengan masyarakat," kata dia.

Lebih lanjut Solihin mengatakan bahwa yang terpenting saat ini adalah menjalankan hal yang ada dengan semangat gotong royong dan keikhlasan. Ia bercermin pada nilai-nilai sejarah, saat para pejuang pendahulu telah meninggalkan kesan yang baik di mata generasi hari ini.

"Seperti halnya para pahlawan yang meninggalkan kesan yang sangat baik di masyarakat, kita juga harus membuat sejarah yang baik untuk para penerus kita di masa yang akan datang," katanya.

Kredit

Bagikan