ITB kembali gelar career days, gandeng 45 perusahaan

user
Endang Saputra 16 Maret 2018, 16:56 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar acara 'Career Days' atau titian karir terpadu ITB guna mempertemukan, memfasilitasi, dan menjembatani mahasiswa dan alumninya untuk berinteraksi dengan dunia usaha dan dunia Industri. Acara ini akan digelar selama dua hari yakni pada 17-18 Maret 2018 di Aula Barat dan Aula Timur Kampus ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung.

Direktur ITB Career Center, Dr. Eng. Bambang Setia Budi mengatakan, dalam kegiatan Career Days kali ini akan diikuti oleh 45 perusahaan terkemuka baik nasional maupun multinasional. Menurutnya, perusahaan yang bergabung pada event kali ini cukup beragam. Namun, menurutnya paling banyak adalah pekerjaan yang berkaitan dengan digital, di mana hal ini sesuai dengan kondisi dan perkembangan saat ini.

"Jika di tahun-tahun sebelumnya banyak peserta booth yang berasal dari BUMN, di tahun ini kebanyakan yang besar-besar didominasi oleh start-up company yang lekat dengan dunia digital," ujar Bambang dalam jumpa pers yang digelar di kawasan Jalan Dayang Sumbi, Jumat (16/3).

Ia menilai bahwa persaingan dunia usaha hari ini adalah persaingan bisnis model. Yang menang dan menjadi kanibal adalah mereka yang memiliki karakteristik lebih sederhana, lebih murah, lebih terjangkau, dan lebih cepat.

Di sisi lain saat ini masyarakat juga semakin cerdas, di mana konsumen menggunakan teknologi bisa memilih secara leluasa layanan yang lebih cepat, praktis, terjangkau dan lebih murah. Hal tersebut secara otomatis berdampak pada perusahaan-perusahaan start-up yang secara masif dan banyak melakukan rekrutmen calon tenaga kerja yang profesional dan berkualitas serta semakin kompetitif sesuai kebutuhannya.

"Tidak dipungkiri jika saat ini banyak bidang pekerjaan yang hilang dan diganti perannya oleh teknologi. Namun seiring dengan hilangnya jenis pekerjaan tertentu, maka akan muncul jenis pekerjaan baru lainnya yang dibutuhkan," kata dia.

Untuk menjawab tantangan tersebut, lanjut Bambang seorang tenaga kerja juga harus semakin meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, profesionalisme dan melatih softskill-nya serta mampu beradaptasi dengan kemajuan dan tidak gagap teknologi.

Bambang mengungkapkan, melalui kegiatan Career Days ini diharapkan bertemunya SDM lulusan ITB dan perguruan tinggi lainnya di Bandung dapat memperpendek waktu tunggu kerja, dan memperbesar link and match antara dunia pendidikan dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).
Pada sisi lain, dunia isaha dan dunia industri juga segera mendapatkan SDM yang profesional dan berkualitas serta memiliki motivasi yang kuat untuk tumbuh dan berkembang.

Sementara itu Rizky Anwar perwakilan dari perusahaan E Commerce Shopee mengatakan, pihaknya memang sedang membutuhkan tenaga SDM yang memiliki kemampuan di bidang pasar digital. Terutama yang memiliki kemampuan dasar IT.

"Dengan kualitas terbaik mahasiswa maupun alumni yang muncul yang sangat baik. Banyak sekali mata kuliah atau base di balik itu yang bersinggungan dengan kebutuhan shopee, ada yang basenya IT, kalau ada yang butuh atau buka startup. Kami juga punya membuka lowongan pekerjaan yang dibutuhkan, ada di marketing, yang memang membangun brand besar," katanya.

Kredit

Bagikan