Kabar gembira, tiket mudik naik kereta api sudah bisa dibeli

user
Endang Saputra 13 Maret 2018, 17:18 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kabar gembira bagi para pemudik yang menggunakan armada kereta api, soalnya secara resmi tiket mudik sudah dapat dipesan sejak H-90 lebaran atau sejak tanggal 7 Maret lalu.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung Joni Martinus, mengatakan pemesanan tiket kereta api reguler untuk masa angkutan lebaran sudah mulai dilayani sejak 7 Maret hingga 24 Maret 2018.

"Hingga saat ini, baru 20 persen tiket yang terjual. Mungkin karena masih lama jadi pada santai. Banyaknya yang beli kalau sudah mepet lebaran soalnya terkait perizinan kantor atau cuti mungkin ," ujar Joni saat jumpa pers, Selasa (13/3).

Joni menjelaskan, setiap harinya ada 61.764 kursi yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung untuk melayani pemudik selama masa Angkutan Lebaran 2018.

Jumlah tersebut termasuk di dalamnya seat untuk empat kereta api tambahan dari Daop 2 yaitu KA Pasundan Lebaran, KA Kutojaya Lebaran, KA Lodaya Pagi Lebaran, dan KA Lodaya Malam Lebaran.

"Total perjalanan kereta api dari Daop 2 selama masa angkutan lebaran 2018 adalah 86 KA yang terdiri dari 82 KA Reguler dan empat KA tambahan atau meningkat lima persen dari tahun sebelumnya," jelasnya.

Menurut Joni, PT KAI telah menetapkan masa angkutan lebaran 2018 selama 22 hari yakni mulai tanggal 5 Juni 2018 (H -10) hingga 26 Juni 2018 (H -22). Ia memprediksi peningkatan jumlah penumpang selama masa angkutan lebaran 2018 naik sekitar tiga persen dari tahun sebelumnya.

Puncak arus mudik tahun ini diprediksi pada Rabu (13/6) (H -2) dan puncak arus balik pada hari Minggu (17/6) (H +1).

"Pemesanan tiket bisa dilakukan selama 24 jam melalui aplikasi KAI access, website kai.id, contact center 121, gerai minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan PT KAI," kata Joni.

Untuk pemesanan di loket reservasi stasiun dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Khusus untuk pemesanan tiket melalui E-Kiosk (vending machine) di stasiun dilayani mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Dalam hal pemesanan melalui KAI Access, menurut Joni, penumpang akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah fasilitas khusus E-Boarding yang tidak ada di chanel lainnya. E- Boarding ini memudahkan penumpang untuk proses boarding di stasiun karena tidak perlu lagi mencetak tiket boarding pass.

"Penumpang cukup menunjukkan e-boarding pada layar smartphone kepada petugas boarding yang kemudian akan discan dan akan muncul di layar komputer. Mereka cukup memperlihatkan identitasnya tanpa harus mencetak lagi tiket boarding pass," tambah Joni.

Joni berharap agar masyarakat benar-benar memanfatkan semua fasilitas pelayanan pemesanan tiket mudik ini. Ia berpesan agar jauh hari sebelumnya, perjalanan kereta api sudah direncanakan dengan matang sehingga perjalanan akan lancar dan nyaman.

Kredit

Bagikan