Blusukan perdana, Yossi bagikan polybag agar warga kurangi kantong plastik

user
Mohammad Taufik 02 Maret 2018, 10:52 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Calon Wali Kota Bandung Yossi Irianto menggelar kampanye perdananya dengan blusukan di kawasan Mengger Tengah, Kecamatan Bandung Kidul, Kamis (1/3). Kegiatan blusukan ini merupakan yang pertama kali dilakukan Yossi sepulang menjalani ibadah umrah pada pekan lalu.

Dalam kegiatan blusukannya, Yossi membagikan ratusan kantong belanja ramah lingkungan (Polybag) kepada warga. Hal ini sebagai salah satu cara untuk mengurangi penggunaan plastik yang sulit terurai.

"Kita membagikan polybag itu salah satu cara agar masyarakat sekarang lebih mengurangi penggunaan plastik. Sekarang kita harus belajar, karena memang kan penggunaan plastik itu agak susah untuk didaur ulang. Cara itu cara cerdas yang bisa kita inisiasi termasuk juga bagaimana kita mengedukasi sampah," ujar Yossi kepada awak media.

Dia mengatakan, Kota Bandung memiliki produksi sampah yang cukup besar setiap harinya. Berdasarkan catatan, produksi sampah Kota Bandung mencapai 1,6 ton per hari. Banyaknya sampah tentu berpengaruh pada lingkungan jika tidak dibarengi dengan pola penanganan sampah yang ramah lingkungan.

"Jangan sampai seperti 2005 kita jadi lautan sampah. Karena itu ada cara edukasi seperti tadi, kita kasih tempat-tempat yang tidak menggunakan plastik karena itu (plastik) kan susah dihancurkan," katanya.

Selain itu lanjut Yossi, edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang harus terus dilakukan. Jika seluruh upaya dapat dilakukam secara masif, ini menjadi strategi cerdas untuk menangani persoalan sampah.

"Termasuk juga mengedukasi tidak sembarang membuang sampah. Ini menajdi strategi cerdas. Hilirnya dikelola tentu hulunya dari sisi regulasi kita padukan dengan kabupaten kota dan Provinsi Jawa Barat," katanya.

Dalam kegiatan kampanye kali ini hadir juga seniman Bandung seperti Ki Daus, kang jaja Soulmate , Anton Abox, Ceu Popon, yang turut serta membagikan tas belanja non plastik.

Kredit

Bagikan