Relawan Rindu luncurkan program 'udunan warga' untuk galang dana kampanye

user
Endang Saputra 20 Februari 2018, 09:34 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tim relawan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) menggagas program 'Udunan Warga'(Urunan warga). Program ini merupakan cara dari para relawan Rindu untuk mengembangkan penggalangan dana secara transparan, terpercaya dan efisien serta sesuai aturan KPU. Pengumpulan dan penggunaan dana akan dilaporkan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh lembaga penyelenggara Pilkada.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Rindu Arfi Rafnialdi mengajak masyarakat Jawa Barat untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini.

"Partisipasi ini penting karena Pilkada bukan hanya hajat politik parpol atau para cakada, melainkan hajatnya seluruh warga Jawa Barat. Keterlibatan publik dalam pembiayaan pilkada dapat mereduksi praktik politik traksaksional," ujar Arfi dalam acara yang berbertajuk 'Hayu Beberes Jabar Babarenga' di Hotel Padma, Kota Bandung, Senin (19/2) malam.

Sementara itu Bendahara Tim Pemenangan Rindu, Aria Girinaya menambahkan bahwa antusiasme pendukung sangat luar biasa sekali merespon program Udunan Warga ini. Pria yang akrab disapa Giri ini mengungkapkan, bahwa dalam program ini pihaknya bisa mengumpulkan Rp 200 juta dalam semalam.

"Untuk keterbukaan dan transpransi, kami akan melaporkan seluruh dana yang terkumpul ini ke KPU lengkap beserta dengan data-data peserta udunan," kata dia.

Di tempat yang sama, Bakal Cagub Jabar Ridwan Kamil mengakui jika biaya untuk keperluan Pilgub Jabar sangat mahal sekali bisa mencapai puluhan hingga ratusan miliar. Sehingga butuh dukungan dari masyarakat untuk turut berkontribusi dari sisi materi.

"Ini adalah contoh ya, karena demokrasi ini mahal sekali, biaya untuk memenangkan pilgub Jabar puluh miliar atau mungkin ratus. Oleh karena itu butuh dukungan yang sesuai regulasi. Gala diner ini adalah penggalangan dana di mana orang yang datang membayar dengan keilkhlasan untuk ikut makan malam bersama saya. Disana Saya meyakinkan bercerita visi misi dan sebagainya sambil menyampaikan terima kasih dan hasilnya nanti akan dikelola oleh rekening yang sudah dilaporkan ke KPU," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Emil ini menyebut jika melalui program udunan warga ini warga dapat menyumbang sebesar Rp 10 ribu melalui website: www.jabarjuara.id/udunan. Warga yang ingin berpartisipasi harus mengisi formulir dan menyertakan tanda tangan basah sesuai dengan aturan KPU. Seluruh dana yang diterima juga akan dipublikasikan di website www.udunan.jabarjuara.id.

"Inilah pesan yang ingin disampaikan dan mudah mudahan ini kali yang pertama kita akan lakukan seminggu dua atau tiga kali sampai akhirnya rakyat bisa mendukung. Dengan Rp 10 ribu warga yang tidak harus pengusaha kelas atas menengah bisa menyumbang juga dengan masuk ke websitenya kemudian pilih banknya sumbangannya tercatat namanya dan transparan terkait dengan pembelanjaannya.Itulah cara kami insyallah menang dengan cara cara yang pastisipatif," katanya.

Kredit

Bagikan