Pemkot Bandung perbaiki empat rumah tidak layak huni di Babakan Irigasi

user
Endang Saputra 08 Februari 2018, 09:39 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sebanyak empat unit rumah tidak layak huni (Rutilahu) di jalan Babakan Irigasi, Kelurahan Babakan Tarogong Kecamatan Bojongloa Kaler yang tersebar di 4 RW, yakni RW 1, 3, 6 dan 7 kini sudah menjadi rumah layak huni.

Rumah yang diberikan dana bantuan Rutilahu yaitu kediaman Emuh di RT 06 RW 07 dengan luas sekitar 30 meter persegi, rumah Eep Saepuloh di RT 04 RW 06 dengan luas sekitar 25 meter persegi. Sedangkan dua rumah lainnya yaitu milik Ade Wahyu di RT 02 RW 01 dan rumah ibu Oom Rohman di RT 03 RW 03.

Peresmian selesainya perbaikan Rutilahu tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto, di kediaman Emuh, Rabu (7/2).

Yossi mengatakan, bantuan perbaikan Rutilahu di Kota Bandung akan terus diupayakan. Meski hal itu akan dilakukan secara bertahap dan tidak bisa sekaligus.

"Kita lakukan satu persatu dan upayakan hingga seluruh warga yang ada di Kota Bandung mendapat rumah layak huni,” ujar Yossi dalam rilis yang diterima Merdeka Bandung.

Menurut Yossi, perbaikan Rutilahu merupakan bantuan berkelanjutan. Di kota Bandung, untuk rumah dengan kerusakan ringan diberikan bantuan sebesar Rp 5 juta. Sedangkan rumah dengan kerusakan sedang sebesar Rp 10 juta. Terakhir untuk rumah dengan kerusakan berat sebesar Rp 15 juta.

Aparat kewilayahan termasuk pengurus RT dan RW diharapkan bisa mennyosialisasikan hal tersebut. Termasuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi para calon penerima bantuan.

"Mengingat program bantuan ini stimulasi, maka kewajiban pengurus RT, RW bersama kelembagaan untuk menggalang dana swadaya agar perbaikan rumah lebih optimal," katanya.

Kredit

Bagikan