Evaluasi akuntabilitas kinerja Pemkot Bandung dapat nilai A dari KemenPAN-RB

user
Mohammad Taufik 30 Januari 2018, 10:18 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung menjadi satu-satunya kota yang mendapat nilai A pada Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah (LAKIP) di Wilayah I. Dengan hasil tersebut, Kota Bandung berhasil mempertahankan prestasi yang ketiga kalinya dalam penilaian tersebut.

Penghargaan tersebut diserahkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kepada Pemerintah Kota Bandung melalui Asisten Administrasi Umum dan Kepegawaian, Evi S. Shaleha di Kota Batam, beberapa waktu lalu.

Evi menuturkan, dari 172 kota/kabupaten di Wilayah I yang meliputi Pulau Sumatera, Provinsi Banten, dan Jawa Barat, hanya ada satu nilai A, yakni yang diperoleh Kota Bandung. Hal tersebut berkat optimalisasi sistem yang telah dirancang oleh Kota Bandung.

"Kota Bandung sejak awal dapat SAKIP A, karena kita punya aplikasi e-SAKIP," ujar Evi

Evi menjelaskan, penghargaan itu juga menunjukkan adanya peningkatan akuntabilitas kinerja yang baik oleh Pemerintah Kota Bandung. Artinya, keselarasan antara perencanaan dan pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik.

"Akuntabilitas Kinerja itu dinilai dari perencanaan kinerja, ada pengukuran kinerja, dan evaluasi kinerja. Jadi ini adalah rangkaian aktivitas pemerintahan dari mulai perencanaan sampai evaluasi," katanya

Keseluruhan rangkaian tersebut, lanjut Evi, diimplementasikan dan dibantu dengan sistem e-SAKIP . Sehingga Pemerintah Kota Bandung bisa mempertahankan nilai LAKIP dengan baik.

Pada hasil LAKIP yang diterima, Evi menuturkan, ada beberapa rekomendasi dari Kementerian PANRB agar akuntabilitas kinerja Pemerintah Kota Bandung bisa terus meningkat.

"Kita akan terus berupaya meningkatkan kinerja untuk yang dianggap masih harus ditingkatkan, termasuk untuk yang sudah dianggap baik. Pokoknya, kita harus terus berikhtiar untuk meningkatkan kinerja lebih baik lagi. Sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat ada peningkatan pelayanan," ungkapnya.

Kredit

Bagikan