P3UKM dibubarkan, Wubi hadir sebagai pengganti

user
Mohammad Taufik 23 Januari 2018, 11:23 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pusat Pengembangan Pendamping Usaha Kecil dan Menengah (P3UKM) secara resmi dibubarkan. Sebagai penggantinya, pencetakan Wirausaha Baru (Wubi) hadir sebagai penggantinya.

Dari siaran berita yang diterima Merdeka Bandung, Berdasarkan Rapat Dewan P3UKM, pada Jumat (22/12) telah disepakati untuk dilakukan pembubaran P3UKM.

Sebagai dampak pembubaran tersebut telah disepakati antara lain dilakukannya penyerahan hibah aset P3UKM kepada lima instansi yang merupakan sisa harta P3UKM yang berasal dari kontribusi pemerintah provinsi jabar, perbankan dan dana hasil usaha.

"Untuk itu pada hari ini Senin, (22/1) berlangsung acara penandatanganan berita acara penyerahan hibah P3UKM," ujar Kepala BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat dari siaran berita yang diterima Merdeka Bandung, Senin (22/1).

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penerima hibah kepada lima instansi, yaitu pertama Pusat Inkubator Bisnis - IKOPIN yang diwakili oleh Bapak Indra Fahmi.

Kedua, kepada Center of Excellece SME dan Development - UNPAR yang diwakili oleh Ibu Dr. Maria Widyarini.

Ketiga, kepada BUMD Agro Jabar yang diwakili oleh Bapak Kurnia Fajar. Keempat, BPPKU - Kadin Kota bandung yang diwakili oleh Bapak Irwa Gartiwa, Bapak Bambang Tris Bintoro, dan Ibu Tri Handayani.

Kelima, penyerahan hibah kepada LP3E - UNPAD yg diwakili oleh Bapak Maman Setiawan, masing masing sebesar Rp 223.137.991,00

"Dengan dibubarkannya P3UKM, BI Jabar nantinya akan tetap berkomitmen untuk memajukan UMKM di Jawa Barat melalui pencetakan wirausaha baru (wubi), dan pengembangan umkm antara lain bantuan teknis melalui pelatihan, studi banding, pameran, magang dan lain-lain serta bantuan sarana dan prasarana produksi," katanya.

Lebih lanjut, sejak 2012 Wubi telah menghasilkan tiga angkatan yakni 2012 sebanyak 16 orang wirausaha start up berbagai bidang usaha, tahun 2014 sebanyak 20 orang wirausaha sektor agribisnis yg berorientasi ekspor dan tahun 2016 sebanyak 21 orang wirausaha sektor ekonomi kreatif.

Pada bagian akhir disampaikan terima kasih atas dukungan dan sinergi berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam pengembangan UMKM. Di jawa barat, dan diharapkan agar hibah ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan umkm di jawa barat.

Kredit

Bagikan