Pemkot Bandung teken kerjasama smart city dengan Pemkab Sorong

user
Mohammad Taufik 05 Desember 2017, 10:03 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama Bupati Sorong Johny Kamuru melakukan penandatangan naskah kerjasama antardaerah, di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Sorong, Senin (4/12). Penandatanganan tersebut dilakukan saat Wali Kota Bandung bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sorong.

Penandatangan naskah kerjasama antara Pemerintah Kota Bandung dan Pemkab Sorong ini merupakan penandatangan yang ke-58 setelah sebelumnya dilakukan hal serupa dengan beberapa pemkab atau pemkot di Indonesia.

Berdasarkan catatan, beberapa ruang lingkup kesepakatan bersama tersebut di antaranya terkait pengembangan smart city dan e-government; pengembangan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif; pengembangan sumber daya manusia; promosi dan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, industri, perdagangan dan investasi; penataan ruang/wilayah dan infrastruktur perkotaan; perencanaan daerah; ketahanan pangan dan pertanian; dan bidang-bidang lain yang disepakati bersama.

Seusai melakukan penandatangan, Ridwan Kamil berharap kegiatan penandatangan naskah kerjasama tersebut bukan hanya seremonial belaka, tetapi diharapkan dapat memberikan kontribusi langsung dalam pembangunan kedua daerah.

"Tadi kita sudah tandatangan MoU, jadi kita kerjasama bukan hanya ekonomi, tapi juga pariwisata, dan smart city," ujar pria yang akrab disapa Emil ini dalam rilis yang diterima Merdeka Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, Emil mempersilakan kepada Diskominfo Pemkab Sorong untuk datang langsung ke Pemkot Bandung dan menghubungi Diskominfo Kota Bandung untuk memilih sendiri aplikasi yang dibutuhkan Pemkab Sorong terkait aplikasi smart city

"Diskominfo Sorong silakan datang ke Diskominfo Kota Bandung untuk memilih sendiri aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan, di Bandung kan kinerjanya terbaik, kalau mau silakan pilih juga aplikasi kinerja itu," katanya.

Emil pun mengungkapkan bahwa yang dilakukan kedua belah pihak, Pemkot Bandung dan Pemkab Sorong tersebut merupakan bukti nyata dari slogan 'Kurangi Kompetisi dan Perbanyak Kolaborasi karena kita NKRI'.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi beberapa pejabat Kota Bandung seperti Kepala Bappelitbang (Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan) Hery Antasari, Kabag Kerjasama Dodit A. Pancapana, Kabag Humas Yayan A. Brillyana dan Kabag Umum Dadang Darmawan melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten (pemkab) Sorong. Kunjungan kerja akan dilakukan selama 3 hari, yakni dari tanggal 4-6 Desember 2017.

Menurut Kabag Humas Setda Kota Bandung Yayan A. Brillyana, kunjungan kerja ini merupakan kunjungan balasan dan memenuhi undangan dari Pemkab Sorong, setelah sebelumnya Bupati Sorong Johny Kamuru melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Bandung beberapa waktu yang lalu.

Dalam kunjungan kerja tersebut, selain melakukan penandatangan naskah kerjasama antara kedua daerah, Ridwan Kamil juga memberikan public lecture di hadapan Aparatur Sipil Pemkab Sorong.

Kredit

Bagikan