Survei Instrat sebut Popularitas Oded dinilai masih rendah

user
Farah Fuadona 18 Oktober 2017, 17:34 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Oded M Danial telah resmi diusung oleh PKS untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Bandung dalam Pilwalkot 2018 mendatang. Namun demikian, tingkat popularitas Oded tergolong rendah sebagai seorang petahana.

Hal tersebut terungkap dari hasil survei yang dirilis Indonesia Strategic Institute (Instrat) terkait peluang Oded M. Danial dalam Pilwalkot Bandung 2018.

Direktur Eksekutif Instrat Jalu Priambodo menuturkan, Oded M Danial selaku Wakil Walikota petahana memiliki tingkat pengenalan publik di angka 59,4 persen. Meeski Oded lebih dikenal daripada sosok kandidat lain seperti M Farhan di (51,6 persen) ; Ayi Vivananda (29,4 persen); Yossi Irianto (28,2 persen); serta Fiki Satari (22,2 persen), namun popularitas Oded masih tergolong rendah sebagai petahana. Bahkan tingkat Oded kalah Nurul Arifin sebesae 88%.

"Popularitas Oded meskipun berada di atas beberapa kandidat lain sebenarnya masih tergolong rendah bagi seorang petahana," ujar Jalu melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung, Rabu (18/10).

Menurut Jalu, publik juga belum banyak mengetahui visi Oded dalam memimpin Kota Bandung jika tanpa Ridwan Kamil.
Kegamangan publik dapat terlihat dari elektabilitas Oded yang masih berada di kisaran 10,4 persen. Meskipun angka tersebut masih lebih tinggi dari kandidat lain jika Ridwan Kamil tidak ikut berkompetisi, namun jauh lebih kecil dari angka undecided voters sebanyak 61,8 persen.

"Ini menunjukkan pekerjaan Oded masih panjang untuk meyakinkan publik memilih dirinya sebagai pengganti Ridwan Kamil," katanya.

Lebih lanjut Jalu mengatakan, dari sisi akseptabilitas di mata publik, sosok Oded dianggap layak sebagai sosok Walikota oleh 20 persen responden dan dianggap layak sebagai Wakil Walikota oleh 28 persen responden. Dalam hal akseptabilitas sebagai Walikota Oded hanya kalah oleh Ridwan Kamil yang dianggap layak sebagai Walikota oleh 83 persen responden.

Hal ini juga diperkuat dengan tingkat kesukaan publik terhadap sosok Oded. Oded disukai 6 dari 10 orang yang mengenal dirinya, lebih tinggi dari Nurul, Yosi dan Fiki namun masih kalah dari Farhan dan Ayi Vivananda. Ridwan kamil sendiri berada paling atas sebab disukai 9 dari 10. Ini menunjukkan Oded tergolong sebagai sosok yang disukai publik secara mayoritas.

Kredit

Bagikan