Bunga bangkai tumbuh di tengah-tengah permukiman warga di Bandung

user
Mohammad Taufik 05 Oktober 2017, 15:03 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bunga bangkai setinggi 40 sentimeter tumbuh di lahan kosong bekas reruntuhan bangunan di Bandung. Bunga yang memiliki nama latin Amorphophallus paeonifolius ini tumbuh di kawasan pemukiman warga yang berada di Gang Sukamulya RT.05 RW.09 Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying, Kota Bandung.

Salah seorang warga, Maesaroh (40) mengatakan, bunga tersebu tumbuh sekitar sebulan lalu. Saat ditemukan oleh warga, bunga bangkai tersebut masih berbentuk kuncup.

"Awalnya anak-anak sekitar yang menemukan saat bermain di sekitar lahan kosong itu. Bentuknya masih kuncup," ujar Maesaroh kepada wartawan saat ditemui di lokasi.

Dia menuturkan, awalnya warga tidak mengetahui bahwa bunga tersebut merupakan bunga bangkai. Namun seiring berjalannya waktu, bunga tersebut mulai tumbuh. Saat itulah bunga tersebut mulai mengeluarkan bau tidak sedap.

"Bunga itu mengeluarkan bau tak sedap. Sampai jarak 10 meter bau tidak sedap itu masih terasa," katanya.

Maesaroh menyebut, warga pun langsung berinisiatif untuk melindungi bunga bangkai tersebut dengan membuat pagar dari bambu. "Kemarin mulai dipagari sama warga diamankan takut dirusak sama anak-anak," ucapnya.

Saat ini bunga tersebut masih berbentuk kuncup dengan warna merah kecoklatan. Diperkirakan bunga bangkai tersebut akan terus berkembang beberapa hari ke depan. Keberadaan bunga bangkai tersebut saat ini menjadi tontonan warga sekitar.

Kredit

Bagikan