Kota Bandung raih penghargaan kota terbaik IAI 2017

user
Mohammad Taufik 02 Oktober 2017, 17:31 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kota Bandung didaulat sebagai kota nomor satu terbaik se-Indonesia dalam ajang penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award (IAI) 2017. Dalam ajang penganugerahan penghargaan ini, Kota Bandung meraih lima kategori penghargaan sekaligus, menambahi 267 penghargaan lainnya yang telah diraih Kota Bandung selama kepemimpinan Ridwan Kamil dan Oded M. Danial.

Kelima Penghargaan dengan kategori berbeda itu diterima langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, untuk penghargaan the most attractiveness region diserahkan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia, Thomas Trikasih Lembong, dan CEO Frontier Consulting Group, Handi Irawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sedangkan penghargaan IAI 2017 sebagai kota terbaik kategori pariwisata, kota terbaik kategori Infrastruktur, kategori Kota Terbaik Per Region MP3EI. Kemudian kategori indeks secara keseluruhan masing-masing diserahkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Industri dan Pariwisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Pengelola Sistem Informasi Pelayanan Publik, Muhammad Imanudin dan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian dalam Negeri Republik Indonesia, Zudan Arif Fakrulloh.

Usai menerima penghargaan Wali Kota Bandung menyampaikan ucapan syukur atas diraihnya penghargaan tersebut. "Alhamdulillah hari ini mendapat lima penghargaan terbaik se-Indonesia menyemangati kita bahwa pembangunan Kota Bandung sudah berjalan di rel yang benar," ujar pria yang akrab disapa Emil ini.

Emil menyebut jika kepemimpinan amanah dan rakyatnya juga taat aturan, semua kompak bergerak bersama maka hasilnya akan seperti ini. Dilansir dari situs www.indonesiaattractiveness-award.com, Kota Bandung menjadi kota nomor satu sebagai kota terbaik dengan Index Total 90.19 kriteria platinum.

Berikutnya nomor satu untuk kategori pariwisata dengan Index Pariwisata 95.30 di atas Kota Denpasar dengan Index Pariwisata 87.65 dan Kota Yogyakarta dengan Index Pariwisata 85.68, nomor dua sebagai kota terbaik untuk kategori infrastruktur dengan Index Infrastruktur 99.21 di bawah Kota Surabaya, Index Infrastruktur 99.66, dan terakhir Kota Terbaik Per Region Index Total 90.19 tertinggi dari kota manapun di Indonesia.

Penghargaan tersebut diperoleh dari hasil pengukuran dan observasi terhadap daya tarik setiap daerah di Indonesia di sektor investasi, layanan publik, infrastruktur dan pariwisata.

Keseluruhan pengukuran dan observasi ini disebut Indonesia's Attractiveness Index, dan dari 508 kabupaten kota Frontier menyaringnya menjadi 136 kabupaten/kota yang lolos menjadi nominasi. Penyaringan itu dilakukan berdasarkan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) masing-masing kota.

Terpilihnya Kota Bandung dalam penghargaan ini, menunjukkan daya tarik yang tinggi dan potensi besar Kota Bandung untuk menarik investor dan pelaku bisnis dalam memajukan perekonomian daerah, pertumbuhan ekonomi dan daya saing kota-kota Indonesia tentunya sangat ditentukan oleh kemajuan dan daya saing masing-masing daerah.

Sebagai kota tujuan investasi, Kota Bandung memberikan kesempatan besar bagi investor untuk menanamkan investasinya di berbagai sektor yang tentunya berimplikasi pada terciptanya lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan daerah, sekaligus menaikkan tingkat konsumsi masyarakat dengan memperbaiki infrastruktur seperti jalan, listrik, dan komunikasi untuk proses distribusi dan akses terhadap suatu pelayanan.

Kredit

Bagikan