Emil sebut Kota Bandung aman dan nyaman sebab terapkan nilai-nilai Pancasila

user
Mohammad Taufik 02 Oktober 2017, 15:33 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan Pancasila merupakan ideologi mutlak dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama ini. Nilai-nilai Pancasila harus terus dijaga oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Terkesan klise tapi kenyataannya seperti itu. Kalau tidak percaya, negeri-negeri yang terkoyak kondusivitasnya pasti perangnya ideologi, perang keyakinan dan lain-lain," ujar Ridwan usai menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Balai Kota Bandung, Jalan Wastu Kencana, Senin (2/10).

Pria yang akrab disapa Emil ini menilai salah satu cara menjaga Pancasila adalah dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk melalui program-program pembangunan pemerintah yang selama ini diterapkan di Kota Bandung yang berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Kalau mau melihat sebuah kota yang menerapkan Pancasila dalam program-program yang inofatif di Bandung banyak sekali," kata Emil.

Emil ini menyebutkan berbagai program mengandung nilai-nilai Pancasila. Seperti program keagamaan, Magrib Mengaji dan Subuh Berjamaah yang disebutnya sebagai bagian dari sila Ketuhanan Yang Maha Esa.

Selanjutnya, ujar Emil, ada program penggalangan bantuan atas musibah-musibah yang terjadi. Di antaranya di Indonesia, masyarakat Kota Bandung dan pemerintahnya menyampaikan bantuan kepedulian untuk musibah banjir bandang di Garut serta pengungsi Gunung Agung Bali Indonesia. Sementara bantuan ke luar negeri juga diberikan kepada etnis Rohingya yang merupakan partisipasi seluruh elemen di Kota Bandung.

"Persatuan Indonesia diwujudkan dengan sekolah kebangsaan ideologi jadi pembina upacara di sekolah-sekolah, urusan demokrasi juga kita sangat baik, keadilan sosial kita ada kredit melati, kredit mesra," katanya.

Ia menambahkan, pimpinan daerah dari berbagai elemen di Kota Bandung juga terus bekerjasama dengan solid menjaga nilai-nilai Pancasila tetap kokoh. Ia mencontohkan seperti kerja sama dengan TNI baru-baru ini untuk menggelar nonton bareng film G30S/PKI untuk menguatkan rasa nasionalisme.

Emil mengatakan penerapan nilai Pancasila bisa dilihat di Kota Bandung. Ia menyebutkan selama ini Bandung sangat kondusif, aman, dan nyaman karena menerapkan Pancasila dalam pembangunan dan pemahaman masyarakatnya.

"Salah satunya adalah melakukan pembangunan dengan aman dan nyaman juga kondusif yang datang dari kesepahaman pemerintah warga dan pendatangnya bahwa kalau mau tinggal di kota bandung harus menjunjung tinggi sebuah nilai yang disepakati yaitu Pancasila," ujarnya.

Kredit

Bagikan