Hari Jadi Kota Bandung ke 207, Pemkot entaskan para jomblo lewat nikah massal

user
Mohammad Taufik 20 September 2017, 14:22 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke 207, Pemkot Bandung akan mengelar berbagai acara. Tema HJKB yang diangkat tahun ini adalah 'Bandung Kolaboratif'. Tema tersebut sejalan dengan tema perayaan HUT ke-72 Republik Indonesia, yaitu kerja bersama.

"Jadi temanya, dengan semangat kerja bersama menuju Bandung Juara," ujar Ridwan kepada wartawan di Taman Sejarah, Selasa (19/9).

Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan, secara keseluruhan, ada 14 kegiatan besar yang dirangkaikan dengan peringatan HJKB. Mulai dari Bandung Great Sale, Bandung Air Show, Bandung Light Festival, hingga Senibandung#1. Tetapi di samping itu, ada puluhan event lain yang dilangsungkan secara mandiri oleh warga di kelurahan-kelurahan bahkan hingga ke tingkat RW.

"Festivalnya dilaksanakan di level RW, tapi pemusatan tetap ada. Inilah yang mencerminkan semangat kolaboratif. Seremonialnya hanya satu upacara, tapi sisanya ada seratusan pentas seni dari seni musik tari teater dan lain-lain," katanya.

Emil mengungkapkan, peringatan HJKB tahun ini akan lebih istimewa dengan adanya nikah massal yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung. Gagasannya datang dari warga sendiri melalui Ikatan Petugas Sosial Masyarakat di bawah Dinas Sosial. Ia mengatakan, kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan indeks kebahagiaan Kota Bandung.

"Berdasarkan survei, hal yang paling membahagiakan warga adalah keharmonisan keluarga dan interaksi sosial. Maka saya ikut mengampanyekan program pengentasan kejombloan dengan mendorong agar segera menikah supaya kebahagiaan warga meningkat," katanya.

Di tempat sama, Ketua Panitia Acara HJKB 207, Kamalia Purbani menambahkan bahwa kegiatan nikah massal yang digelar Pemkot Bandung ini gratis alias tidak dipungut biaya. Namun acara ini dikhususkan untuk masyarakat kurang mampu. Semua rangkaian acara mulai dari akad nikah hingga resepsi akan ditanggung oleh Pemkot Bandung

"Silakan yang berminat mengikuti acara ini untuk mendaftar ke bagian Kesra, dapat menemui ibu Susi. Nanti acaranya kita gelar di Aula SMAN 7 Bandung," katanya.

Menurut Kamalia, pihaknya menargetkan 207 pasangan dalam acara nikah massal ini. Hal ini sesuai dengan angka ulang tahun Kota Bandung ke 207. "Kita targetnya ada 207 (pasangan). Semoga bisa tercapai," ujarnya memungkasi.

Kredit

Bagikan