Warga Bandung rayakan Tahun Baru Sunda

user
Mohammad Taufik 30 Agustus 2017, 11:01 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tahun baru Caka Sunda jatuh bertepatan dengan tanggal 1 Suklapaksa, bulan Kartika, tahun 1954 Caka Sunda. Artinya, Tahun Baru Sunda jatuh pada Selasa 29 Agustus kemarin. Pada sistem penanggalan Sunda, pergantian hari terjadi pada sore hari, saat bulan 'separuh terang' dan 'separuh gelap', pukul 15.12 WIB.

Hal ini dijelaskan pada sesi Sawala Luhung pada acara Hajat Puseur Dayeuh Pabaru Sunda yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung di Cikapundung River Spot, Jalan Sukarno. Sawala tersebut dihadiri oleh para pakar, yakni Muji Raharto, S. Sobirin, Hokky Sitongkir, K.H. Tantowi, Miranda H. Woharja, dan Setia Jaya Rasidi.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun datang langsung ke lokasi tepat pada saat pergantian tahun itu. Ia hadir untuk menanamkan pohon Kihujan sebagai rangkaian dalam acara tersebut dan menerima kalender Sunda secara simbolis dari para pakar.

Usai menanam pohon, pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan bahwa momen pergantian tahun tersebut merupakan hari bersejarah. Sebab mulai tahun ini di Kota Bandung, Tahun Baru Sunda akan selalu diperingati, sebagaimana warga Bandung memperingati Tahun Baru Masehi dan Tahun Baru Hijriyah.

"Di acara ini, 'hajat puseur dayeuh', jadi tanda memulai tradisi baru untuk melestarikan Pabaru Sunda. Di Kota Bandung akan ada tiga tradisi tahun baru, Masehi, Hijriyah, dan Sunda," ujar Emil dalam rilis yang diterima Merdeka Bandung.

Emil bahkan menginstruksikan agar tahun baru ini tidak hanya diperingati oleh pemerintah, tetapi juga masyarakat. Menurutnya, inilah cara untuk melestarikan budaya Sunda.

"Mulai tahun depan setiap perayaan Tahun Baru Sunda harus dirayakan di 30 kecamatan dan 151 kelurahan. Dengan hadirnya semangat ini Insya Allah kebudayaan Sunda bisa kita lestarikan secara menyeluruh dan paripurna," katanya.

Terlebih lagi, Bandung adalah Ibu Kota Provinsi Jawa Barat di mana pusat upaya pelestarian budaya seharusnya berada. Maka dari itu, ia mendorong agar Bandung selalu menjadi pelopor pelestarian budaya Sunda. "Dengan begitu, kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dengan semangat kekompakkan dari semua pihak, untuk menjaga semangat kesundaan ini tetap kokoh," katanya.

Kredit

Bagikan