Bandung kembali raih Adipura, Emil akan gelar pawai keliling kota

user
Mohammad Taufik 04 Agustus 2017, 10:16 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan Pemkot Bandung berencana menggelar acara pawai mengarak Piala Adipura. Acara ini dilakukan setelah Kota Bandung berhasil meraih Piala Adipura untuk ketiga kalinya pada tahun ini.

"Kita akan adakan pawai kemungkinan tanggal 19. Pawainya keliling Bandung nanti diarak disesuaikan dengan kesanggupan," ujar Ridwan kepada wartawan di Trans Hotel, Kamis (3/8).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, nantinya Piala Adipura akan diarak keliling Kota Bandung. Dengan cara ini, kata dia sebagai bentuk perayaan kebahagiaan yang khusus didedikasikan untuk para pejuang kebersihan.

"Ya setahun sekali merayakan kebahagiaan kepada mereka mereka yang menjaga Kota Bandung," katanya.

Lebih lanjut Emil mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada para pejuang kebersihan yang telah bekerja keras membawa Kota Bandung kembali meraih Piala Adipura. Menurut dia keberhasilan mempertahankan Piala Adipura merupakan hasil kerja bersama.

"Ini adalah kerja bersama bukan walikota aja. Saya mah cuma menerima aja betul betul keringat dari petugas warga yang gerakan pungut sampah, camat dan lain-lain," katanya

Dia pun menitipkan pesan kepada warga yang masih membuang sampah sembarangan untuk menghargai upaya mereka yang berusaha menjaga lingkungan.

"Kepada warga yang masih suka nyampah dan wisatawan yang suka buang sampah, jangan rusak adipura kami dengan perilaku yang masih negatif, karena kami Kota Bandung adalah kota cinta lingkungan dan kebersihan," ujarnya.

Apresiasi untuk Tim Gober

Ridwan Kamil juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada 2.200 Pasukan Gorong-gorong dan Kebersihan (Gober) atas diraihnya Piala Adipura untuk yang ketiga kalinya yang diraih oleh Kota Bandung. Pria yang akrab disapa Emil ini menyebut, kemenangan Piala Adipura tersebut salah satunya berkat kerja keras Pasukan Gober yang disebutnya sebagai pahlawan kebersihan Kota Bandung.

"Hasil tidak akan mengkhianati proses. Apa yang sudah kita lakukan dengan keikhlasan dan gotong royong kini membuahkan prestasi," ujar Emil di sela acara Gebyar Vaksinasi Hepatitis B untuk Petugas Gober di Gedung Serba Guna Biofarma.

Perolehan anugerah tertinggi bidang lingkungan di Indonesia itu bukan tanpa proses panjang. Setelah selama 17 tahun Kota Bandung absen menerima Adipura, kini kembali mendapatkan apresiasi atas perubahan yang dilakukan oleh seluruh warga kota dalam bidang lingkungan.

"Itu semua kerja keras dari mereka yang hadir di sini, yang kotor-kotoran tiap hari menjaga keindahan kebersihan kota. Jadi ini kerja bersama," katanya.

Emil mengatakan, pengerahan pasukan Gober sejak tahun lalu adalah untuk menjawab kebutuhan akan petugas yang merawat Bandung. Setiap hari di seluruh Kota Bandung, telah ditunjuk tim yang merawat setiap sudut kota, mulai dari jalanan, taman, hingga gorong-gorong.

"Selama ini mengapa Bandung selalu kotor karena kita tidak menerapkan matematika sederhana, bahwa untuk mengurus Bandung yang kita cintai ini butuh banyak tenaga. Maka saya berterima kasih atas kontribusi Bapak Ibu sekalian yang mengubah Bandung menjadi bersih dan cantik," katanya.

Kredit

Bagikan