Air pelanggan PDAM di Bandung berubah berwarna merah

user
Mohammad Taufik 14 Juli 2017, 18:51 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pelanggan air PDAM Tirtawening Kota Bandung yang berada di Gang Hidayah RT 01 RW 06, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar mengeluhkan perubahan air yang mengalir ke rumah warga. Air dari PDAM yang seharusnya bening, namun berubah menjadi warna merah.

Salah seorang warga, Denny Rudiana (41) mengatakan, perubahan air menjadi berwarna merah tersebut terjadi sejak Kamis (13/7) malam kemarin. Air yang biasanya bening, mendadak menjadi berwarna merah dan berbau.

"Kejadiannya kemarin (Kamis) jam 10 malam. Awalnya air yang keluar berwarna hitam kotor dan berbau. Setelah itu Saya matiin dulu. Setengah 11 malam Saya buka keran lagi, airnya pas keluar lagi besar. Pas keluar airnya berwarna merah seperti sirup," ujar Denny kepada wartawan saat ditemui di rumahnya di Jalan Panjunan, Gang Hidayah Nomor 77 RT 01 RW 06, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astananyar.

Menurut Denny, aliran air dari PDAM tang berwarna merah sirup tersebut berlangsung selama dua jam yakni dari pukul 11 malam hingga 1 dinihari. Denny pun berinisiatif untuk merekam dan membagikannya di akun media sosial miliknya.

"Dari jam setengah sebelas sampai jam 1 itu masih merah. Nah kemudian jam 2 kembali normal. Ada bau-bau minyak gitu awal-awalnya. Setelah itu timbul baut tidak sedap," katanya.

Denny mengungkapkan, peristiwa berubahnya warna air PDAM tersebut merupakan pertama kali terjadi. "Seumur hidup baru pertama kali saya langganan di PDAM Tirtawening airnya warna merah. Petugas tadi ambil sampel terus cek di sekitar lokasi takut ada pipa yang bocor," ujarnya.

Lebih lanjur Denny mengatakan, jika aliran air PDAM yang berwarna merah tidak hanya terjadi rumahnya saja, tetapi sejumlah tetangganya pun mengalami hal yang sama.

"Pas tadi pagi Saya tanya tetangga, ternyata juga sama airnya berwarna merah juga. Bahkan sampai tadi siang masih berwarna merah," katanya.

Dalam unggahan di akun facebooknya, Denny mengunggah video terkait aliran air PDAM yang berwarna merah. Dalam video berdurasi 1 menit tersebut tanpak air berwarna merah yang mengalir lewat selang.

"Astaghfirullah hal adzim kumaha iyeu teh masih kieu keneh wae cai ti PDAM tirtawening teh!!!! Kang sonny kang sonny....cai orson atanapi naon iyeu teh!!!!! (Astagfirullah hal adzim bagaimana ini masih seperti ini air dari PDAM Tirtawening!!! Kang sonny kang Sonny air sirup atau apa ini!!!!!," tulis Denny dalam akun Facebooknya.

Sementara itu, petugas PDAM Tirtawening Kota Bandung langsung mendatangi pelanggan yang mengeluhkan air di rumahnya menyerupai sirup berwarna merah. Petugas mengambil sampel air tersebut untuk dilakukan uji laboratorium.

Kredit

Bagikan