Saat ribuan lansia di Bandung berkumpul dan mengaji bersama

user
Mohammad Taufik 12 Juni 2017, 13:52 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bulan Ramadan menjadi momentum yang benar-benar dimanfaatkan oleh para lansia di Bandung untuk beribadah. Hal ini terlihat saat ribuan lansia memadati Masjid Al Ukhuwah untuk melakukan kegiatan mengaji bersama, Senin (12/6).

Dengan seksama, para lansia melantunkan ayat suci Alquran yang dipandu oleh seorang ustaz. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan mengaji bersama yang digagas Pemkot Bandung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung Dedi Sopandi mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari acara bina rohani lansia Kota Bandung. Pihaknya menggelar acara sehari bersama Alquran yang diikuti oleh 1.128 lansia dari berbagai wilayah di Kota Bandung.

"Ini acara rutin kita sesuai aspirasi lansia yang menginginkan ada acara pengajian setiap bulan. Hari ini acaranya pengajian dan belajar Alquran," ujar Dedi kepada wartawan di sela acara, Senin (12/6).

Menurut Dedi, Pemkot Bandung memberikan perhatian khusus untuk para lansia. Salah satunya dengan dibentuknya unit khusus yang membidangi lansia di bawah DP3APM. Dalam unit ini, semua kegiatan lansia akan difasilitasi oleh Pemkot Bandung mulai dari kegiatan keagamaan, olahraga, kesenian, hingga kegiatan wisata.

"Tujuannya agar manusia menua di Bandung dengan bahagia. Maka indeks kebahagiaan pasti naik dan angka harapan hidup pasti naik," katanya.

Terlebih lagi, kata Dedi, Kota Bandung menjadi pilot project kota layak lansia dari Kementerian Sosial. Dengan adanya predikat ini, seluruh fasilitas sarana infrastruktur di Bandung harus ramah lansia.

Di tempat sama, Kabid Lansia DP3APM Kota Bandung Irma Nuryani mengatakan kegiatan ini disambut antusias oleh para lansia. Buktinya mereka yang datang dari berbagai penjuru wilayah Bandung seperti Ujung Berung dan Cibiru.

"Jadi setiap acara keagamaan animo dari para lansia itu luar biasa. Mereka ada yang datang dari Cibiru, Ujung Berung tetap datang ke sini," katanya.

Ke depan, Irma melanjutkan, pihaknya akan mengagendakan kegiatan ini secara tersebar di tingkat kecamatan. Sehingga para lansia cukup mendatangi acara yang ada di wilayahnya.

"Kita merencanakan kegiatan ini tersebar di 30 kecamatan. InsyaAllah tahun depan hal-hal semacam ini akan disebar di wilayah," katanya.

Kredit

Bagikan